√ Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat di hp Android biar kenceng

Walaupun katanya internet ngebut dengan 4G, tapi nyatanya jaringan indosat lemot di kebanyakan tempat 😁

Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat di hp Android Sebagai salah satu provider ternama di Indonesia, Indosat hadir sebagai salah satu provider yang menghadirkan layanan internet murah dengan layanan 4Gnya, walaupun memang masih belum merata ke seluruh pelosok desa yang ada di Indonesia ini. Tapi sudah lumayanlah.

Tapi tahukah kamu, kalau negara kita yang kaya ini masih kalah jauh dalam hal koneksi internet jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Brunei dan Malaysia. Bukan berarti kita akan kalah terus selamanya dalam hal koneksi internet ini, Insya Allah kita akan bisa berubah dalam beberapa tahun ke depan. Mudah-mudahan ya guys.

Ngomong-ngomong masalah koneksi internet indosat yang kadang lelet dan lemot, suka bikin kita sebel juga sih. Jadi bikin ga nyaman kalau lagi selancaran di dumay, apalagi kalau di pake buat game online, kelar dah hidup lho (kata orang sebelah ye) πŸ˜‚. Tapi, kalau mau di pikir ulang kita juga harus banyak bersyukur lho guys. Kan katanya kalau kita bersyukur maka nikmat itu akan bertambah, kalau kufur (...silakan lanjutkan sendiri hehe πŸ˜„). Ya moga aja setelah kita banyak bersyukur koneksi internet kita makin kenceng… Jadi, mungkin itulah cara yang paling ampuh untuk mengatasi internet lemot indosat. Banyakin syukur aja dulu guys πŸ˜‰.

Balik ke laptop, ada banyak faktor yang memperngaruhi koneksi internet indosatmu menjadi lambat, selain karena faktor dari provider indosat sendiri ( yg dari sananya udah suka ngadat kayak siput; ada harga ada rupa lah 😁) juga ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Di antara faktor yang mempengaruhi koneksi indosatmu lambat adalah: 

   Cuaca lagi burik.
  Indosat sedang memaintenance jaringannya.
Tinggal di daerah yang terpencil dan jauh dari jangkauan.
 Chace di hp kamu belum dibersihin.
   Sinyal yang lagi gangguan.
Dan faktor lainnya.

Jadi, kalau kamu ada salah satu saja faktor di atas jangan salahkan selalu indosatnya ya guys karena mungkin satu faktor di atas ada di genggamanmu. Tapi kalau sudah ga ada tapi masih lemot juga maka kudu banyakin syukur dulu guys, karena yang penting kamu masih bisa internetan walau agak lemot. Sekarang kita bahas bagaimana cara mempercepat koneksi internet indosatmu yang anti lemot.


1. Pindah lokasi

cara mempercepat koneksi internet indosat di hp android

Mungkin daerah terdapat banyak gedung maupun lagi di tengah hutan belantara. Maka yang pertama kali kamu lakukan adalah pindah ke lokasi yang luang dari banyak hal yang menghalangi.

Kalau kamu punya rumah tingkat, coba naik ke atas. Biasanya auto dapat sinyal bagus. Kalau masih belum kenceng juga koneksinya, coba pakai trik berikutnya πŸ‘€.

2. Ubah Tipe Jaringan ke 4G


Silakan ubah tipe jaringanya ke 4G untuk mengubah kecepatan internet indosatmu. Karena di jaringan inilah kecepatan internet mempunyai derajat yang lebih tinggi di banding adek-adeknya seperti 3G dan 2G. Memang sih, di kenyataannya tidak semua daerah mendapatkan jaringan indosat 4G. Tapi kebanyakannya sudah kan guys.

Kalau tempat kamu sudah mendapatkan jaringan indosat 4G, silakan di ubah menjadi 4G.

Caranya dengan langkah-langkah berikut ini:

➮ Buka pengaturan/setting.
➮ Pilih Mode jaringan / moblie network / kartu SIM & jaringan seluler (tergantung dari gadget masing-masing).
➮ Jika hp kamu dual SIM pilih SIM yang di gunakan untuk internetan (dalam hal ini pilih indosat).
➮ Pilih LTE / 4G.

3. Refresh kembali jaringannya atau restart hp 

setting internet indosat biar kenceng

Cara ini mungkin agak sedikit asing di telinga kita. Bagaimana mungkin dengan merefresh jaringan koneksi kita bisa jadi kenceng? Yups, memang bukan cara yang paling ampuh untuk mempercepat koneksimu, tapi mendingan lah dari pada tidak sama sekali. πŸ˜†

Ketika kamu merefresh jaringan, maka secara otomatis hal itu akan membuat perangkat berganti IP. Dan ketika IP berubah, biasanya koneksi internetpun akan berubah lebih baik juga dengan IP barunya tersebut.

Adapun cara merefresh jaringan adalah dengan melakukan disconnect kemudian connect kembali jaringan internet atau dengan cara mengaktifkan mode pesawat kemudian dinonaktifkan kembali. Jika masih belum bisa juga, kamu bisa melakukan restart di hp kamu dengan mematikan hp kemudian menyalakannya kembali.

4. Ganti perangkat


Cara yang paling gokilnya dan ekstrem yaitu ganti perangkat kamu guys πŸ˜ƒ. Sudah hal umum, kecepatan internet juga dipengaruhi dari jenis perangkat yg kamu gunakan (salah satu faktor ya guys). Karena setiap perangkat mempunyai kualitas pengkapan sinyal yang berbeda-beda. Misalnya, perangkat A dapat sinyal ful, perangkat B juga ful.. Tapi beda kecepatannya saling berberda, kenapa? Ya karena beda perangkat, jadi beda kecepatan.

Ya saya sih pernah ngalamin juga ketika pake x...i dan temen pakai s….g, ternyata masih kencengan punya teman πŸ˜… Jangan di bully ya guys, ini hanya berbagi pengalaman aja 😎. Kalau di tanya perangkat apa yang paling bagus untuk internetan, maka blogdet akan menjawab perangkat H...I. Sudah terbukti sih, karena mereka punya kelebihan dalam teknologi ini.

5. Pakai bantuan aplikasi 1.1.1.1: Internet Lebih Cepat & Aman 

aplikasi mempercepat jaringan

Aplikasi bikinan Cloudflare ini sudah terbukti ampuh untuk atasi kecepatan internet yang lemot. Kamupun terbantukan dengan aplikasi ini sehingga tidak perlu lagi repot untuk melakukan setingan manual DNS di smarthphone kamu.

Caranya cukup simple

➮ Download aplikasi 1.1.1.1: Internet Lebih Cepat & Aman di Google play, atau klik di bawah ini.
➮ Jalankan aplikasinya dan silakan ubah dulu setingannya agar lebih mantul. Pilih “Lanjutan” Kemudian “Mode Enkripsi” dan terakhir pilih yang “TLS”.
➮  Kembali ke halaman awal aplikasi dan hubungkan koneksinya dengan menggesetkan tombol ke kanan. Jika sudah maka nanti akan muncul icon VPN di statusbar smartphone kamu.

6. Ganti APN (Access Point Name)

cara mempercepat koneksi internet indosat

Mengganti settingan APN di smarthpone juga termasuk bisa buat kenceng koneksi indosat yang suka lemot . Mengatur APN dengan tepat, dipercaya bisa menjadi solusi untuk menstabilkan serta memperecepat koneksi internet. Terutama bagi kamu yang tinggal di tempat tertentu.

Nama : indosat oneit
APN : i-onetit.com
Proxy : (biarkan kosong)
Port : (biarkan kosong)
Nama pengguna : pnap.net
Sandi : uu.net
Server : 58.185.57.18
MMSC : (biarkan kosong)
Nomor PPP : (biarkan kosong)
Proxy MMS : 128.199.75.22
Port MMS: 8080
MCC : 510
MNC : 01
Jenis otentifikasi : PAP atau CHAP
Jenis APN : default,supl,mms
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol roaming APN : IPv4/IPv6


Nama : BC
APN : ONI-219-111-210-37.oniet
Proxy : (biarkan kosong)
Port : (biarkan kosong)
Nama pengguna : 60.32.220.90
Sandi : 203.147.126.249
Server : 8.8.8.8
MMSC : (biarkan kosong)
Nomor PPP : (biarkan kosong)
Proxy MMS : 128.199.75.22
Port MMS: 8080
MCC : 510
MNC : 01
Jenis otentifikasi : PAP atau CHAP
Jenis APN : default,supl
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol roaming APN : IPv4/IPv6

Nama : movistar
APN : internet.gprs.unifon.ar
Proxy : (biarkan kosong)
Port : (biarkan kosong)
Nama pengguna : gprs
Sandi : gprs
Server : kosong
MMSC : (biarkan kosong)
Nomor PPP : (biarkan kosong)
Proxy MMS : 128.199.75.22
Port MMS: 8080
MCC : 510
MNC : 01
Jenis otentifikasi : PAP atau CHAP
Jenis APN : default
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol roaming APN : IPv4/IPv6

Nama : zen
APN : JioNet
Proxy : (biarkan kosong)
Port : (biarkan kosong)
Nama pengguna : zen.jio
Sandi : kosong
Server : www.Jio.com
MMSC : (biarkan kosong)
Nomor PPP : (biarkan kosong)
Proxy MMS : kosong
Port MMS: kosong
MCC : 510
MNC : 01
Jenis otentifikasi : Tak satu pun atau PAP atau CHAP
Jenis APN : default,supl,mms
Protokol APN : IPv4/IPv6
Protokol roaming APN : IPv4/IPv6
Operator : LTE

7. Gunakan di malam hari

cara mempercepat koneksi internet indosat

Cara setting internet indosat biar kenceng adalah menggunakannya di malam hari. Cara yang terakhir ini ga perlu diragukan sih guys 😁. Tau lah, kalau sudah malam kebanyakan orang sedang beristirahat, jadi aktifitas internet pun juga minim sehingga server akan bekerja lebih sedikit.

Hal inilah yang akan membantu kecepatan internet kita menjadi lebih cepat dari biasanya ketika di waktu siang hari.

Kesimpulan:

Stabilitas dan kecepatan internet yang kita dapat, itu tergantung dari jenis perangkat yang kita gunakan juga kualitas sinyal yang tertangkap. Dan satu lagi adalah jenis provider yang kita gunakan.

Pastikan juga setingan lain sudah di atur dengan benar, agar koneksi semakin baik. Jika kamu ada cara lain yang bisa di bagi biar jaringan androidmu tidak lemot lagi, silakan komentar di bawah ya guys.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "√ Cara Mempercepat Koneksi Internet Indosat di hp Android biar kenceng"

  1. Indosat mau diapain ke pasti lelet bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiappp... Tapi blogdet udah nyoba ko, beberapa di antaranya masih work

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel