Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 4 Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus | Auto Konek!

Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus

Hai sobat blogdet, kali ini kita akan membahas tentang sebuah cara menyambung wifi ke laptop asus kamu. Cara--cara yang disampaikan kali ini tidak hanya berlaku bagi pengguna laptop asus aja ya, tapi berlaku juga untuk pengguna laptop lain, selama mereka menggunakan OS Windows. 

Karena di sini kita akan membahas secara tuntas tentang hal tersebut di semua lini OS Windows, baik windows 10, 8 maupun 7. Cara ini juga ampuh untuk pengguna selain laptop asus

Dengan petunjuk-petunjuk yang akan kita jabarkan, insya Allah problem kamu akan terselesaikan dengan sangat mudah jika kamu mengetahui caranya. 

Beberapa solusi ini akan work dengan baik ketika kamu mendaptakan jaringan wifi laptopnya tidak bisa berfungsi dengan benar dan baik. 
 
Yuk, langsung kita simak cara-caranya berikut ini: 

Cara Menyambung Wifi ke Laptop ASUS 

Seperti yang dijabarkan di atas, cara ini berlaku juga untuk laptop lain juga selama mereka menggunakan OS Windows. Kenapa di sini saya membahas laptop asus, karena kebanyakan teman dan orang-orang yang saya temui menggunakan asus sebagai laptop mereka. Jadi no problem buat laptop merk lain, toh sama-sama menggunakan sistem operasi windows. 

4 Cara GARIS BESAR  Menyambungkan Wifi ke Laptop Windows 10, 8 dan 7

1. Melalui tomblo Fn + F (Function).
2. Melalui tombol Wi-FI di keyboard laptop. 
3. Melalui Taskbar [Pengguna Windows 10 & 8].
4. Melalui tombol Windows + X [Pengguna windows 7).


1. Melalui tombol Fn + F (Function) 

Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus Melalui tombol Fn + F (Function)

Silakan kamu perhatikan keyboard laptop asusnya. Biasanya kamu akan melihat di barisan atas keyboardnya ada banyak deretan tombol Function mulai dari F1 sampai F12. 

Kamu bisa melihat di deretan tersebut ada salah satu tombol yang terdapat lambang wifi (biasanya berberntuk sinyal). Sangat memungkinkan letaknya akan berbeda dari satu merk ke merk lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya? 
Tidak sulit untuk kamu lakukan, cukup pencet saja secara berbarengan tombol Fn dan tombol F8 nya (silakan ganti tombol F8 sesuai dengan letak lambang wifinya, setiap laptop akan berbeda satu dengan lainnya). 

Tombol akan variatif ya, sesuai dengan merk laptop dan serinya. Bisa saja Fn + F5, bisa juga Fn + F2, dan lain sebagainya. 

Cukup mudah bukan caranya! Kamu hanya cukup mudah untuk memencet tombol tersebut hingga menyala, dan tunggulah sampai jaringan wifi tersambung. Tapi bagaimana dengan cara mematikannya? 

Cara mematikannyapun tidak jauh bedanya, kamu tinggal mengulangi langkah awal tadi ketika mau menyalakannya. 

Jika cara kamu menyalakannya adalah dengan memencet dua tombol secara bersamaan, maka cara mematikannyapun juga demikian, tinggal pencet kedua tombol tersebut secara bersamaan pula; maka wifi pun akan menjadi nonaktif. 

Perlu diketahui, sangat memungkinkan di laptop kamu tidak tersedia tombol function wifinya. Tapi tak perlu khawatir, kita lanjutkan dulu dengan cara yang lain untuk mencari jalan keluarnya tersebut. Let’s go. 

2. Melalui tombol wifi pada keyboard 

Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus Melalui tombol wifi pada keyboard

Perlu kamu ketahui tidak semua jenis laptop menyediakan tombol khusus untuk wifi. Beruntunglah jika laptop yang kamu miliki sudah tersedia tobol khusus wifi. Karena dengan adanya tombol tersebut, maka cara mengkaftifkannya semakin cepat dan mudah karena tinggal pencet saja. 

Cukup kamu menekan tombol yang ada lambang wifinya, maka kamu akan melihat indikator telah menyala; yang menandakan wifi anda sudah siap untuk disambungkan ke hotspot yang tersedia atau jaringan wifi yang tersedia.

Tapi, bagaimana jika laptop kamu tidak memiliki tombol wifinya? Tidak masalah, karena masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan berikutnya. 

3. Melalui Taskbar [Pengguna Windows 10 & 8] 

Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus Melalui Taskbar [Pengguna Windows 10 & 8]

Untuk pengguna laptop windows 10 maupun windows 8 caranya pun sama saja. Dan cara inipun sangat mudah untuk kamu lakukan agar wifi kamu tersambungkan kembali. 

Berikut langkah-langkahnya: 
  1. Tekan tombol Windows + A, lalu klik "Network". 
  2. Akan terlihat jaringan wifi yang tersedia di bagian ini. 
  3. Klik "Connect". 
  4. Selesai. Pastikan kamu sudah mengetahui password wifi yang akan disambungkan, jika memang terpasword.

Catatan: 

Hal biasa yang terjadi pada laptop windows kamu adalah tidak terlihatnya jaringan wifi yang tersedia, padahal sih ada-ada aja kan. 😂

Bagaimana solusinya? Cukup kamu lakukan langkah-langkah berikut ini: 
  1. Pencet tombol function mode pesawat; yang ada ikon pesawat (di tempat saya menyatu dengan F7, mungkin di laptop kamu akan berbeda). 
  2. Dan pencet kembali untuk mengaktifkannya. 
  3. Jika masih belum terlihat jaringan wifinya, silakan restart ulang laptop anda. 
Nah, bagi kamu yang masih setia menggunakan windows 7, mari simak pembahasannya selanjuntnya. 

4. Melalui tombol Windows + X [Pengguna Windows 7) 

Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus Melalui tombol Windows + X [Pengguna Windows 7)

Di windows 7 ini, caranya juga cukup mudah untuk dilakukan. Semua bisa dilakukan di bagian control panelnya dengan cara yang mudah dan cepat. 

Berikut langkah-langkahnya: 
  1. Buka bagian “Windows Moblily Center” dengan menekan tombol Windows + X secara bersamaan. Alihkan ke bagian “Turn wireless on”, di bagian kanannya. 
  2. Dan klik pada bagian “Turn wireless on” sampai tulisannya berubah mejadi “Turn wireless off”. 
  3. Selesai. Kamu bisa mengecek di sudut kanan bawah layar monitor laptop kamu untuk di sambungkan ke jaringan wifi yang tersedia. Klik “connect” agar jaringan kamu kembali tersambungkan. 

Penutup 

Pastikan jarak laptop kamu dengan jaringan yang tersedia tidak terlalu jauh alias dekat. Agar aktifitas internet kamu juga semakin lancar. 

Jika cara menyambung wifi ke laptop asus ini belum work di laptop kamu. Adakalanya faktor lain ikut mempengaruhi hal tersebut, mungkin driver untuk adapter wifinya belum terinstall atau hal lainnya yang rusak dalam hardware kamu. 

Maka kamu bisa memakai DVD driver bawaan laptop kamu dan installkan. Untuk DVD biasanya sudah disiapkan dalam satu paket penjualan laptop kamu. Jika tidak terdapat bentuk fisiknya, maka kamu masih bisa menggunakan cara lain, yaitu mencarinya di internet. 

Silakan cari driver di internet melalui situs resmi laptop asus kamu, ataupun merk laptop lainnya sesuai merk laptop yang kamu gunakan. 

Kemungkinan terjadi masalah driver ini sangatlah kecil, karena rata-rata laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan wireless yang tertanam langsung di laptop tersebut. Sebagai salah satu cara perusahaan laptop tersebut agar tidak kalah dalam persaingan pasar laptop global, sehingga mereka membuat banyak paket lengkap dalam laptop mereka masing-masing. Kamupun tidak perlu lagi untuk membeli perangkat wifi tambahan yang biasa di jual di pasaran seperti USB Wifi.

So, semoga cara-cara yang di sampaikan atas bisa memberikan solusi atas permasalan wifi laptop kamu, sehingga kamupun bisa lancar kembali dalam berinternet. Bijak-bijaklah dalam menggunakan wifi.. Jangan digunakan hanya untuk hal yang sia-sia belaka, tapi gunakanlah untuk hal mulia yang kalau bisa berpahala (bijak sedikit gpp kan 😄)
Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "√ 4 Cara Menyambung Wifi ke Laptop Asus | Auto Konek!"