Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo TERVALID 2021! Ada 5 Cara Yang Bisa Anda Pilih

BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo
BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo 2021


BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo | Di masa pandemi seperti ini masyarakat bisa menggunakan layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa harus datang ke kantor BPJS, melainkan dari rumah masing-masing. Sebagai pencegahan dari penyebaran virus Covid-19 yang mematikan. 

Sebuah langkah yang sangat baik dari pemerintah. Di saat masyarakat membutuhkan bantuan dan pemerintah menyalurkannya lewat BPJS. Langkah ini sejalan dengan kebijakan pemerintah di saat pandemi Covid-19 masih berlalu, terutama sejak PPKM darurat dilaksanakan sejak 3 Juli 2021 yang lalu.

Bagi masyarakat yang tdk ada kepentingan mendesak tidak perlu untuk keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai penyelenggara jaminan sosial, BPJS mempunyai kewajiban untuk memberikan jaminan sosial kepada seluruh masyarakat Indonesia. Sebagimana tertuang dalam Pasal 14 undang-undang No 24 Tahun 2021 tentang badan penyelenggara jaminan sosial. Semua masyarakat berhak mendapatkan jaminan sosial sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Perlu anda ketahui bahwa BPJS Ketenagakerjaan adalah penyelenggara jaminan sosial bagi tenaga kerja dan mempunyai banyak jenis jaminan bagi para pekerja, yaitu: 
  • JHT (Jaminan Hari Tua) 
  • JKM (Jaminan Kematian) 
  • JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) 
  • JP (Jaminan Pensiun) 

Besar kecil iuran yang dibayarkan oleh anggota BPJS akan berbeda sesuai dengan jenis kesepakatan yang disepakati. Dan BPJS Ketenagakerjaan membedakan kepesertaan para pesertanya dengan empat jenis, yaitu: 
  • PU (Penerima Upah) 
  • BPU (Bukan Penerima Upah) 
  • Jasa Konstruksi 
  • PMI (Pekerja Migran Indonesia) 

Pengelompokan iuran atau pembayaran akan berdeda. Untuk penerima upah (PU) maka iuran akan dilakukan oleh perusahaan tempat dia bekerja, sedangkan bagi yang bukan penerima upah (BPU) maka dia bisa membayar jaminan sosialnya secara mandiri. Untuk iuran BPU akan dihitung sesuai dengan berapa rata-rata penghasilannya dalam setiap bulannya. Lalu untuk jasa konstruksi maka jaminan seluruhnya seperti JKM dan JKK akan ditanggun oleh perusahaan penyedia jasa konstruksi. 

Sedangkan untuk pekerja migran Indonesia (PMI), iuran akan dilakukan oleh mitra BPJS Ketenagakerjaan atau bisa juga perorangan, terutama bagi pekerja migran yang ditempatkan melalui pelaksanaan penempatan. 

Perhitungan Iuran 

Bagi para peserta yang ingin menghitung iurannya, maka perlu mengetahui dulu jenis kepesertaanya. Untuk penerima upah (PU), maka semua jaminannya dibayarkan oleh pemberi kerja. 

Namun perlu diketahui, ada beberapa jaminan yang iurannya harus dibayarkan secara mandiri, yaitu jaminan tua dan pensiun! 
 
Jumlah iuran dari jaminan hari tua (JHT) adalah 2% dari gaji mereka setiap bulannya. Sedangkan untuk iuran jaminan pensiun (JP) adalah 1% dari gaji mereka setiap bulan. Dan pembayaran iuran wajib dibayarkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Jika tanggal 10 tersebut jatu pada hari libur, maka batak pembayarannya adalah di hari kerja berikutnya. 

Sebagai contoh, jika pekerja memiliki upah 3 juta dalam setiap bulannya, maka iuran yang dibayarkan adalah 3,7% dari upah sebulan oleh pemberi kerjanya dan 2% oleh si pekerja. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan 

Saldo yang bisa dicairkan dan diklaim adalah sejumlah nominal iuran yang akan masuk ke akun BPJS seuai dengan ketentuan yang diketahui. Para pekerja bisa mengecek saldo BPJS Ketejagakerjaan dengan cara-cara berikut ini: 

1. Cek Saldo BPJS di Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan 

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Situs

Pekerja bisa mengecek saldonya langsung melalui situs resminya tanpa harus datang manual ke kantor. Tapi pekerja wajib mendaftar atau registrasi terlebi dahulu untuk bisa menggunakan cara ini. Jika pekerja sudah mendaftar, maka bisa dilanjutkan dengan cara berikut ini: 
  • Silakan kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id 
  • Masukkan email beserta password di halaman utama 
  • Jangan lupa kotak centang “Saya Buka Robot” agar bisa melanjutkan Klik tanda login 
  • Jika sudah masuk, pilih menu layanan Pilih bagian “Cek Saldo JHT” 
  • Dan masukkan PIN yang akan dikirim melalui email dan SMS 
  • Selesai, Saldo JHTpun akan muncul pada layar 

Selain mengecek saldo BPJS, pesertapun bisa mengakses fitur lain seperti melihat rincian saldo maupun simulasi JHT. 

2. Saldo BPJS Melalui Aplikasi BPJSTKU 

Saldo BPJS Melalui Aplikasi BPJSTKU

Opsi lain untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui aplikasi BPJSTKU. Anda bisa mengakses aplikasi tersebut dengan handpone berbasi Android ataupun IOS. 

Silakan unduh dan install terlebih dahulu aplikasi BPJSTKU di PlayStore ataupun di AppStore. Buka aplikasi dan isikan email dan password anda. 

Bagi pengguna baru bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengklik “Pendaftaran Pengguna BPJSTKU”. Bagi yang sudah mendaftar silakan lanjut langkah berikutnya. Klik “Login”, setelah masuk pilih pada “Lihat Saldo” pada halaman utamanya. Pilih saldo JHT yang diinginkan Akan muncul informasi saldo peserta beserta rincian nominal iuran, upah yang dilaporkan dan pembayaran iuran di layar hp anda. 

Andapun bisa bebas menggunakan fitur-fitur lain pada aplikasi tersebut selama masih bisa digunakan.

 3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Tidak punya akses internet? Tenang, jangan panik dulu. Peserta bisa ke kantor jika kuat atau cukup pakai SMS saja untuk mengecek saldo anda. 

Anda cukup keluarkan hp anda tanpa melangkahkan kaki ke kantor BPJS, kemudian kirimkan pesan singkat ke 2757. Seperti biasa, peserta harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk bisa mengakses pengecekan saldonya melalui SMS ini. 

Berikut langkah-langkahnya: Ketikkan DAFTAR(spasi)SALDO#NIK#NAMA#TTL#NOMOR PESERTA dan kirimkan SMS ke 2757

Jika berhasil, maka akan ada balasan SMS dari BPJS Ketenagakerjaan. Saat sudah berhasil mendaftar, peserta bisa langsung mengecek saldo JHT dengan cara ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA dan kirimkan ke 2757. 

Tunggu beberapa saat maka SMS balasan akan masuk ke nomor hp peserta yang berisi saldo JHT. Perlu diketahui, layanan SMS ini hanya bisa digunakan oleh nomor pengguna Telkomsel, XL dan Indosat. 

Selain dari tiga operator tersebut masih belum bisa. Jika peserta ingin mengganti nomor ponsel yang terdaftar, bisa dengan cara berikut ini: DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#NomorPonselLama#NomorKTP Kirimkan ke 2757.

BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo | Semoga cara-cara ini mempermudah peserta BPJS untuk bisa mengecek saldonya kapan saja dan dimana saja tanpa perlu repot datang ke kantor resmi, cukup dengan mengecek cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan di atas yang sudah kami sampaikan. 

Tapi, jika anda memang belum bisa menggunakan cara di atas, anda bisa menggunakan 2 cara tamabahan berikut ini: 

 4. Cek Saldo BPJS di Kantor Resmi BPJS Ketenagakerjaan 

BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo di kantor resmi

Sebuah cara yang terlihat ketinggalan jaman jika dibangkan dengan ketiga cara sebelumnya. Tapi fakta di lapangan cara ini masih merupakan andalan untuk beberapa orang. Anda bisa mencarinya melalui google maps atau menanyakan orang lain tentang keberadaan kantor BPJS.

Banyak faktor untuk mendatangi langsung ke kantor BPJS, seperti handphone, akses internet yang belum merata atau juga peserta bingung sehingga cara ini masih menjadi salat satu alasan mengapa mereka memilih untuk langsung datang ke Kantor BPJS. 

Di sini peserta cukup menemui langsung petugasnya di kantor BPJS mereka. Langsung tunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan anda dan mintalah kepada petugas untuk mengecek saldo didalam akun anda. Ya sesimpel itu dan selesai, anda akan diberitahukan berapa saldo yang terdapat dalam akun anda. 

5. Cek Saldo BPJS dari ATM BNI 

BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo di ATM BNI

Peserta juga bisa melakukan pengecekan saldo di mesin ATM BNI. Pastinya anda harus mengurus terlebih dahulu di kantor resmi BNI untuk bisa menggunakannya secara baik dan benar. 

Seperti yang diketahui bersama, saldo ini nanti akan bisa dicairkan di kemudian hari setelah anda selesai bekerja alisa berhenti di tempat pekerjaan anda, baik karena PHK, resign maupun sudah pensiun dari tempat kerjanya. 

Jika sudah bisa mencairkan saldo di akun anda, maka bijak-bijaklah dalam menggunakannya, jangan digunakan untuk keperluan yang tidak penting alias mubazir. 

Bisa anda gunakan sebagai modal usaha atau di tabung kembali dengan memebli emas atau jika anda mau uangnya kekal bisa di infakkan ke orang-orang yang berhak mendapatkan atau membutuhkan dana tersebut. 

Semoga cara-cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini bisa memberikan solusi yang tepat atas permasalahan anda. Terima kasih

Posting Komentar untuk "BPJSKetenagakerjaan Cek Saldo TERVALID 2021! Ada 5 Cara Yang Bisa Anda Pilih"