Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan LENGKAP Cara Masuk ke BIOS Laptop ASUS

Cara Masuk ke BIOS Laptop ASUS
Cara Masuk ke BIOS Laptop ASUS


Bagaimana cara masuk ke bios laptop asus | Apa itu BIOS (Basic Input Output System)? BIOS adalah sebuah firmware atau software yang secara bawaan telah dipasang di sebuah laptop (tepatnya di dalam chip tertentu yang terletak pada motherboard). 

Bedanya dari sistem operasi yang berada di penyimpanan (seperti di dalam HDD atau SSD), BIOS ini hanya tersimpan di dalam ROM sebuah CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor) yang sudah ada di motherboard. 

Sedangkan isi dari BIOS terbebut adalah konfigurasi dari laptop, terutama yang berhubungan dengan komponen-komponen. Sehingga bisa dikatakan Fungsi dari BIOS itu sendiri adalah untuk mengontrol sistem input dan output. 

Bahkan lebih dari itu. Ternyata fungsi BIOS jauh lebih penting ketimbang OS yang ada di laptop kamu. Sebuah laptop / komputer masih akan tetap bisa berjalan tanpa adanya OS. Tapi kalau BIOS ga ada, OS yang terpasang pun ga akan bisa di jalan alias modar. 😁

Banyak alasan yang mendasari kenapa sih kamu butuh mengakses sistem BIOS. Bisa aja kamu mau mengganti urutan boot device (boot order) untuk proses install ulang sistem operasi. Atau juga mau mengubah pengaturan hardware tententu yang ada di laptop kamu. 

Setiap laptop memiliki tombol akses yang berbeda satu sama lain. Bahkan dalam satu merk pun perbedaan itu ada, apalagi jika sudah beda merk. Belum juga dipengaruhi keluaran lama dan keluaran baru daripada laptop itu sendiri. 

Nggak heran donk, kalau banyak yang bertanya tentang “gimana sih cara buat masuk ke BIOS?” Termasuk kamu para pengguna laptop ASUS ini. 

Mari kita bahas secara tuntas untuk pembahasan kali ini. 

Cara Masuk ke BIOS Laptop ASUS 

Panduan Masuk ke BIOS Laptop ASUS

Hampir setiap tipe pada laptop ASUS memiliki cara yang sama untuk masuk ke BIOSnya. Hanya berbeda di tombol-tombolnya saja. 

Berikut cara masuk BIOS laptop ASUS kamu: 
  1. Seperti biasa, nyalakan terlebih dahulu laptop ASUSnya. 
  2. Langsung klik pada tombol F8 setelah menyalakannya. Dan tunggu sebentar. Jangan lepaskan tombol tersebut hingga kamu benar-benar berhasil masuk ke BIOS laptop Asus. 
  3. Jika berhasil, kamupun akan masuk ke dalam BIOSnya. 

Catatan: 
INGAT! Waktu untuk mengklik tombol BIOS harus tepat. Jika tidak, maka biasanya layar logo ASUS kamu akan terlewat, dan laptop akan memulai booting sistem seperti semula. 

Seperti yang sudah kita terangkan di awal bahwa tombol BIOS pada laptop bisa berbeda walaupun masih satu merk, maka di sini kita akan bahas langsung juga mengenai hal tersebut. 

Daftar Tombol Masuk ke BIOS Laptop ASUS 

Jika kamu mencari di situs resmi ASUS, maka rata-rata tombol BIOS yang biasa digunakan adalah menggunakan tombol F8. Tapi ada beberapa tipe tertentu yang memiliki perbedaan. 

Sebenarnyapun kamu bisa mengecek sendiri pakai apa tombolnya dengan cara berikut ini: 
  1. Nyalakan laptop ASUS kamu. 
  2. Cek pada bagian bawah atau atas layar logo ASUS. 
  3. Di sana akan tertera tombolnya (Misal F2 BIOS Menu). 

Di antaranya: 
NoTombol
1F2
2ESC
3F8
4DEL
5F12
Biasanya juga sebagian kamu ingin mengatur harddis langsung di BIOSnya, maka berikutlah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. 

Cara Mengatur Harddisk di BIOS ASUS 

Cara Mengatur Harddisk di BIOS ASUS

Bagi kebanyakan pengguna laptop ASUS yang awam soal BIOS, mereka biasanya mencari setting boot priority yang berfungsi untuk mengatur disk untuk dijadikan boot install ulang Windows (misalnya flashdisk instalasi OS atau DVD). 

Bagi pengguna laptop ASUS, kamu bisa coba mengaturnya degan cara berikut ini:
  1. Sambungkan dulu ke laptopya flashdisk / DVD instalasi sistem. Habis itu nyalakan. Dan silakan masuk ke BIOS seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas. 
  2. Silakan ke bagian "Boot Menu". Cek pada "Boot Options" > pilih yang nomor satu. 
  3. Pindahkan "Boot Priority" flashdisk atau DVD ke paling atas. Pergi ke bagian menu Simpan BIOS. Pilih "Save And Exit Setup" > Pilih YES
  4. Setelah itu laptop ASUS kamu akan restart ke flashdisk instalasi atau DVD. 

Oh ya, untuk beberapa tipe laptop ASUS, kamu bisa langsung boot ke instalasi dengan menekan tombol Enter pada perangkat flashdisk / DVD (Biasanya pakai tombol BIOS tertentu). 

Perhatian! 
Pengaturan BIOS termasuk SENSITIF. Jangan sekali-kali mencoba untuk merubah sesuatu yang tidak kamu pahami dan ketahui. Misalnya aja pengaturan overclock atau temperatur (jika ada). 

Jika kamu punya mental nekatan dan mau mencari pengalaman silakan, tapi resiko di tanggung masing-masing.. hehe... Karena perbuatan mengutak-atik tanpa tahu fungsi atau efeknya, maka akan ada kemungkinan kerusakan yang berdampak langsung pada hardware laptop kamu. Dan tahu sendiri kan, biaya reparasi untuk kerusakan hardware ga murah amat tapi relatif mahal 😅... Hati-hati!

Penutup 

Sekian artikel blogdet kami tentang bagaimana cara masuk ke BIOS laptop ASUS. Apa yang saya tulis semoga berguna buat kamu yang lagi bingung mencari caranya, dan mau install sistem operasi tapi belum tahu tentang cara setting bootnya. 

Penjelasan yang kami taruh di sini sudah di buat sedatil mungkin sebisa yang kami mampu. Hanya mungkin pada bagian daftar tombol saja yang masih kurang, karena keterbatasan dan sulitnya untuk mencari referensinya yang resmi dan detil. 

Jadi bagi kamu yang memiliki laptop ASUS dengan tombol yang berbeda dengan artikel di atas. 

Silakan berkenan komentar di kolom bawah agar bisa saya update di artikel ini. Supaya juga bisa membantu pengguna laptop ASUS yang satu tipe dengan tipe laptop kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kawan.

Posting Komentar untuk "Panduan LENGKAP Cara Masuk ke BIOS Laptop ASUS"