Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ Panduan LENGKAP Cara Mereset Laptop ASUS & Merk LAIN

Panduan LENGKAP Cara Mereset Laptop ASUS & Merk LAIN
Panduan LENGKAP Cara Mereset Laptop ASUS & Laptop Lainnya

Cara Mereset Laptop ASUS
| Bagi para pengguna laptop asus, mungkin ada beberapa kendala yang di alami oleh mereka seperti laptop yang mulai lelet dan ngadat. Kendala seperti ini tidak hanya terjadi pada laptop asus aja, tetapi juga pada merek laptop lain, seperti acer, lenovo, samsung, huawei, msi, avita dan merk laptop lainnya. 

Karena beberapa penyebab yang terjadi sehingga laptop asus kamu mengalami lelet dan lain sebagianya. Bisa jadi disebabkan ada virus yang menjangkit sehingga mulai melambat proses kerjanya. 

Hal ini sebagai pelajaran bagi kita untuk berhati-hati ketika mendownload atau mengunduh program maupun lainnya di internet. Sudah hal umum, banyak unduhan di internet sudah di modif sedimikian rupa oleh pembuatnya demi mendapatkan manfaat yang mereka inginkan dengan embel-embel GRATIS

Biasanya windows yang sering di pakai laptop-laptop sekarang ini adalah windows 10, walaupun masih ada yang menggunakan windows 8 dan window 7 sebagai sistem operasinya. Walaupun kini juga sudah ada window 11, tapi windows 10 masih menjadi andalan dan idaman yang paling banyak peminatnya. 

Tapi bukan berarti itu adalah produk yang sempurna tanpa cara, hal itu wajar sebagai ciptaan manusia tidak ada yang sempurna. Sehingga sering kita berfikiran langsung untuk reset laptop/format ulangnya agar kembali normal. 

Nah, bagiamana cara mereset ulang laptop asus kamu? Apapun windowsnya, in sya Allah akan work. 

Cara Mereset Laptop ASUS Windows 10 

Cara Mereset Laptop ASUS Windows 10

Sudah hal umum ketika laptop semakin sering kita gunakan maka akan menjadi penurunan di laptop asus kita sehingga kinerja menjadi lebih lambat. Bahkan trouble, lag dan hang sudah menjadi makanan kesehariaanya dikarenakan hal tersebut. 

Terbesitlah untuk mereset laptop asus windows 10 kita agar kondisi laptop seperti baru kembali, tidak hang, lag sepert sebelum-sebelumnya. 

Kabar gembiranya. Kita tidak perlu menginstal ulang windows 10 kita untuk membuat sistem operasi windows 10 yang kita gunakan kembali seperti keadaan awal. Dikarenakan penginstalan ulang windows 10 secara alami membutuhkan waktu yang tidak sebentar alias lama. 

Oleh karena itulah, ada baiknya kamu kudu mengetahui tentang cara mereset laptop asus windows 10. Cara yang simpel yaitu kamu hanya perlu melakukan reset ulang windows 10 tanpa perlu penginstalan, membuat bootable CD atau bahkan flashdisk yang itu semua memakan waktu yang lama. Dan semuanya akan kembali seperti semula. Simak secara lengkap tentang panduan lengkapnya di artikel blog kami.

Cara Mereset Laptop ASUS Tanpa Menghilangkan Data 

Cara Mereset Laptop ASUS Tanpa Menghilangkan Data

Ketika kamu ingin mereset laptop asus, maka akan bertanya-tanya apakah mereset laptop bisa menghilangkan data? Tentu saja tidak jika dilakukan dengan cara yang benar. Yuk, langsung kita ulas tentang cara mereset laptop aptop asus kamu tanpa takut kehilangan datanya. 

Berikut langkah-langkahnya: 

1. Ketik di pencarian dekat menu start kamu. Dengan cara megetik “Reset this PC” tanpa tanda petik. Ketika sudah muncul menunya, klik menu reset PC untuk menerapkan metode reset laptop asus windows 10 kamu. 
2. Setelah menu Reset this PC terbuka, klik di bagian “Get Started” di bawah Reset this PC. 
3. Pilih bagian “Keep my files” karena kamu ga mau kan file-file di PC kamu hilang. Tenang saja, karena yang hilang hanyalah aplikasi atau program-program yang ada di laptop kamu dan juga berbagai pengaturan yang ada didalamnya, tanpa filenya. 

Kecuali kalau memang mau semua filenya juga hilang, boleh kamu memilih yang “Remove Everything”. Maka semua file, program dan pengaturan akan hilang dan kembali seperti semula kala.

Tapi pilihan ini bisa kamu pertimbangkan jika kamu mengingkan kinerja laptop kamu seperti awal baru beli. Opsi ini juga direkomendasikan jika laptop asus kamu terjangkit file virus, karena dengan cara ini pula virus akan terkena format. Sehingga menjadi benar-benar bersih. Tapi pilihan kembali ke kamu ya, pilih sesuai keinginan. 

Kalau kamu mau memilih opsi kedua, maka jangan lupa untuk mempersiapkan program-program mentah yang nanti akan di install ulang jika sudah selesai reset PC dan juga file-file penting lainnya di simpan di tempat lain dulu seperti di flashdis atau tempat lainnya. 

4. Klik “Next” untuk melanjutkan. 
5. Klik tombol “Reset”. Maka akan muncul jendela reset dengan keterangan "Ready to reset this PC”, kemudia klik tombol “Reset” di bagian bawahnya. 
6. Harap menunggu hingga proses reset / format selesai. Windows 10 akan segera melakukan restart dan secara otomatis proses reset akan dimulai. Kamu hanya tinggal mununggu saja hingga selesai prosesnya. 
7. Klik proses reset selesai maka akan muncuk jendela yang berisikan Continue, Troubleshoot dan Turn off your PC. Silakan pilih bagian “Continue” untuk masuk ke windows 10 kembali. 
8. Selesai. Sampai di sini kamu berhasil melalukan format / reset laptop asus windows 10 kamu. Dan sudah bisa install ulang program-program yang dibutuhkan. 

Catatan: 
Apakah file / data yang di folder C akan kehapus semua? Jika kamu memilih opsi yang “Keep my file”, maka yang terhapus hanyalah file system dan file program saja. Tapi file yang ada di folder user seperti documents, videos, pictures dan downloads AMAN tidak akan terhapus. 

Beberapa kasus yang terkadang terjadi di windows 10 kamu 

1. Care reset windows 10 melalui menu sign in. 

Mungkin kamu akan menumukan masalah sehingga kamu tidak mengkakses menu settings. Hal ini terjadi karena ada virus dari flashdisk yang masuk ke laptop asus, atau karena ada file sistem yang corrupt alias rusak atau hal lainnya.

Jadi kamu memerlukan jalan tikus untuk masalah ini, eh maksudnya jalan lain.  Yaitu dengan masuk lewat menu “Sign In” atau “Login Screen”.  Menggunakan cara berikut ini:
  1. Silakan tombol Windows + L pada keyboard laptop asus, maka kamu akan di bawa ke halaman login laptop. 
  2. Di bagian kanan bawah kanan layar laptop, kamu akan melihat tombol power. Tahan tombol Shift pada keyboard atau klik di mouse kamu samapi terlihat tombol “Power” kemudian pilih “Restart”. 
  3. Laptop asus windows 10 kamu akan melakukan restart dan masuk ke menu “Windows Recorvery Environment (WinRE). 
  4. Maka akan muncul jendela “Choose an option”, silakan pilih bagian “Troubleshoot” dan pilih “Reset this PC”. 

Dan langkah-langkah selanjutnya sama dengan yang saya jelaskan di atas (bagian Cara mereset laptop asus tanpa menghilangkan data) 

2. Cara format / reset laptop windows 10 jika tidak bisa masuk ke desktop 

Adakalanya kamu juga mendapati masalah yang cukup parah di laptop asus windows 10, yang hal tersebut bisa aja menyebabkan tidak bisanya masuk ke desktop. Bisa karena layar hitam, blue screen, proses loading berhenti di logo windows dan juga masalah lainnya. 

Solusinya kamu bisa menggunakan fitur WinRE, dari sinilah kamu bisa melakukan reset windows 10. Tapi kamu harus masuk dulu ke halaman WinRE tersebut, bagimana caranya? Berikut kita jelaskan. 

Masuk dulu ke Windows Recorvery Environment atau WinRE dengan cara-cara berikut: 
  1. Hidupkan laptop asus kamu dan tekan + tahan tombol power selama 5-10 detik untuk mematikan laptop. 
  2. Tekan tombol power lago untuk menghidupkan laptop asusnya. 
  3. Setelah laptop kamu menyala, tekan lagi tombol power + tahan selama 5-10 detik hinggan laptop mati. 
  4. Tekan tombol power lagi untuk menghidupkan laptop. 
  5. Setelah laptop menyala, tekan lagi tombol power + tahan selama 5-10 detik untuk mematikannya kembali. 
  6. Tekan tombol power lagi untuk menghidupkan laptop. 
  7. Silakan tunggun sampai Windows masuk ke halaman WinRE. Ketika halaman WinRE sudah muncul, silakan pilih pada menu “Troubleshoot”. 

Dan selanjutnya pilih “Reset this PC”. Ikuti cara-cara yang sama persis seperti yang sudah diterangkan di atas sampai proses reset selesai. 

Catatan: 
Cara ini bisa kamu gunakan jika laptop asus (atau laptop lain) kamu tidak bisa di buka, maka silakan menggunakan petunjuk ini. 

Dengan cara ini kamu semoga masalah-masalah yang ada di laptop asus windows 10 kamu bisa teratasi dengan baik dan cepat. Jika laptop asus kamu menggunakan windows 8 maka gunakan cara setelahnya ini. 

Cara Mereset Laptop ASUS Windows 8 

Cara Mereset Laptop ASUS Windows 8

Di windows 8 ini kurang lebih mirip seperti di windows 10. Menyediakan fitur reset ulang seperti di windows 10. 

Tentunya kamu bisa menggunakannya untuk melakukan reset ulang laptop asusnya ke pengatuan pabrik. 

Adapun caranya sebagai berikut: 
  1. Buka menu start di bagian kanan. 
  2. Maka kamu akan melihat menu “Chage PC Settings”. 
  3. Silakan kamu klik di menu tersebut. 
  4. Kemudian pilih tombol “Get Started” agar proses reset atau format laptop asus kamu di mulai. 
  5. Ikuti langkah-langkahnya. 

Catatan: 
Biasanya di windows 8.1 kamu akan di minta disk instalasi windows. Kamu akan melihat notifikasi bahwa semua data seperti video, foto dan juga lainnya akan terhapus dari laptop asus kamu. Maka pastikan terlebih dahulu kamu sudah membackup data-data tersebut di tempat lain. 

Bagi laptop yang menggunakan dua komponen storage (sepeti SSD + Hardisk), maka windows akan memberikan konfigurasi drive mana yang akan di hapus. 

Dan terakhir biasanya kamu akan melihat halaman konfirmasi reset. Di sini kamu haru memutuskan baik-baik, karena sekali kamu mengkonfirmasi maka proses reset tidak akan bisa dikembalikan lagi!

Jika kamu sudah menekan tombol reset, PASTIKAN baterai laptop asus kamu dalam keadaan penuh, lebih bagus jika kamu sambil mengecash agar tidak mati tiba-tiba. 

Setelah proses selasai, maka laptop asus akan restart dan kamu akan mendapati semua data sudah direset atau di format. 

Bagaimana dengan pengguna Windows 7? Silakan simak pembahasan selanjutnya.

Cara Mereset Laptop ASUS Windows 7 

Cara Mereset Laptop ASUS Windows 7

Bagi pengguna laptop asus lama, terlebih keluaran tahun 2014 kebawah masih banyak laptop asus maupun laptop lainnya menggunakan sistem operasi windows 7. 

Sebuah kendala yang kamu dapati di windows 7 adalah tidak adanya menu pengaturan reset PC yang di buka secara langsung sebagaimana yang ada di windows 8 dan windows 10. 

Maka cara mereset laptop asus windows 7 kamu harus dilakukan dengan cara berbeda. Jangan lupakan untuk selalu BACKUP terlebih dahulu semua data penting yang ada di laptop, agar tidak hilang. Silakan backup semuanya di perangkat lain. 

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mereset laptop asus kamu: 
  1. Cari Control Panel di menu Start. 
  2. Pilih “Backup Your Computer” di kolom “System & Security”. 
  3. Pilih “Recorvery System Setting On Your Computer” .
  4. Dan klik tombol “Reinstall Windows” .
  5. Masukkan DVD instalasi windows 7 kamu. 
  6. Jika muncul notifikasi maka klik “Yes” 
  7. Kamu akan menemui halaman “Backup”. Klip saja “Skip” (Jangan lupa untuk memastikan data penting kamu sudah tersimpan aman di perangkat lain). 
  8. Dan klik “Restart” untuk merestart laptop asus kamu. 
  9. Untuk melanjutkan, klik “Yes” jika sudah muncul jendela konfirmasi reinstall windows. Prosespun selesai. Kamu tinggal menunggu proses installnya selesai dengan baik. 

Catatan: 
Perlu diketahu, sebenarnya ini merupakan proses install ulang windows 7 kamu. Namun prosesnya dilakukan melalui recorvery, jadi tidak ada pengaturan partisi dan lain sebagaianya yang lazim di dapati ketika melakukan proses penginstalan windows 7. 

Jika penginstalan sudah selesai, maka laptop asus kamu akan sepeti keadaan semula lagi karema semua drive sudah diformat ulang. 

Cara seperti ini bisa dilakukan di sebagian besar laptop asus windows 7 (juga laptop-laptop lainnya). Walaupun masih ada cara lain yaitu menggunakan metode System Recorvery. Tapi menurut saya cara tersebut agak sedikit lebih rumit jadi tidak di tulis di sini. 

Dalam artikel kali ini sengaja saya bahas sekaligus untuk windows 7, windows 8 dan windows 10. Mengingat ketiganya punya cara-cara yang berbeda satu sama lain. 

Bagaimana jika kamu mendapatkan masalah laptop asus yang tekunci? Silakan simak setelah ini. 

Cara Mereset Laptop ASUS Yang Terkunci 

Cara Mereset Laptop ASUS Yang Terkunci

Salah satu permasalahan yang kerap di alami para pengguna laptop apapun mereknya adalah lupa password sehingga terkuncilah laptopnya dan tidak bisa dibuka aplagi untuk meresetnya kembali. 

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan cara-cara yang disarankan tentunya. Dan hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka terlebih dahulu laptop asus kamu yang terkunci tersebut, barulah bisa dilakukan peresetan ulang windows 10, 8 atau 7. 

1. Menggunakan Safe Mode 

Silakan gunakan safe mode untuk memilihkan kembali kata sandi kamu yang lupa. Berikut cara-cara membuka laptop yang terkunci dengan melalui safe mode: 

  1. Nyalakan laptop dan tekan f8 ketika sedang proses booting. 
  2. Tunggu sampai layar “Advance Boot Opstions”nya mucul. 
  3. Klik menu “Enter”. 
  4. Maka laptop asus kamu akan kembali menyala dengan mode “Safe mode”. 
  5. Silakan pilih menu “Administrator” Dan klik “Start” di bagian pojok kiri bawah. 
  6. Klik “Control panel” jika kamu sudah masuk ke menu start. 
  7. Kemudian klik “User Accounts” dan klik juga pada menu “Manage Another Accounts”  . 
  8. Di sinilah kamu bisa langsung mengubah kata sandi pada laptop kamu. Jika proses memasukkan kata sandi sudah berhasil, silakan kllik “Change Password” di akhir. Laptop siap untuk di restart. Jika sudah di restart, kamu sudah bisa menggunakannya kembali untuk dilakukan pemformatan / peresetan ulang laptop kamu dengan cara-cara yang sudah saya tulis di atas. 

 2. Tanpa Menggunakan Aplikasi Apapaun 

Ternyata untuk membuka laptop yang tekunci bisa mudah dilakukan tanpa bantuan aplikasi tertentu loh ya. Serius! Di sini kamu tidak perlu lagi ribet buat download platform atau aplikasi tambahan lain buat melakukan hal ini. Sehingga prosesnyapun menjadi lebih cepat. 

Berikut cara-cara tersebut: 
  1. Silakan kamu masukkan disk yang kosong pada perangkat laptop asusnya. 
  2. Buka “Contol Panel”. 
  3. Klik pada bagian “Create a system repair disc”. 
  4. Pilih menu “troubleshoot”. Jika sudah, silakan klik “Advance options”. 
  5. Silakan tunggu beberapa saat lalu klik “Command prompt”. 
  6. Dan masukkan perintah satu persatu pada partisi yang telah disediakan. 
  7. Jangan lupa masukkan namanya sesuai dengan nama pengguna. Masukkan juga kata sandi / password.
  8. Selanjutnya komfirmasi kembali kata sandi yang telah dibuat dengan cara memasukkan password yang baru sekali lagi. 
  9. Klik “Exit”. 
  10. Kamupun bisa login kembali ke laptop asus dengan menngunakan kata sandi yang telah dibuat tadi. Dan silakan melakukan reset ulang laptop asus kamu. 

Setelah laptop asus kamu sudah bisa direset ulang, sangat disarankan untuk selalu menjaga kinerja system supaya tidak tejadi lagi reset laptop seperti sekarang ini. Caranya dengan mengoptimalisasi dan menghapus program yang tidak perlu digunakan. 

Juga hati-hati ketika mendowload file-file maupun program dari internet. Downloadlah dari sumber resmi di situs resmi mereka masing-masing, JANGAN MUDAH terpancing dengan slogan GRATIS! 

Usahakan juga kamu sudah punya antivirus berbayar untuk menjaga laptop dari serangan cyber maupun virus ganazz, jika belum bisa, gunakan yang gratisan terlebih dahulu; masih powerful ketimbang tidak ada sama sekali ya kan! 😀

Oh iya, cara-cara yang saya tulis di sini sebagian besar juga bisa dilakukan pada laptop-laptop mereka lain, hanya mungkin beda sedikit di menu pengaturan shortcutnya. Jika masih ada kendala jangan sungkan untuk kita bicarakan. 

Good luck kawan, semoga cara mereset laptop asus ini membantumu dan tidak buntu-buntu lagi!
Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "√ Panduan LENGKAP Cara Mereset Laptop ASUS & Merk LAIN"