Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Cara Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp

Adakalanya pengguna Macbook ingin merasakan atau bahkan ingin menjalankan program yang tidak support di Mac OS, sehingga mereka pun mencari jalan pintas dengan menjalankan sistem operasi Windows di Macbook mereka.

Kalau mau dual boot Mac OS dengan Windows pasti akan rempong donk jatuhnya. Masa iya habis buka Mac Os matiin dulu baru buka Windows? hehe.. Pasti hal ini ribet kan!

So, biar ga ribet lagi. Blogdet akan kasih jalan ninjanya yang simpel-simpel aja, sehingga kamu pun tidak perlu lagi susah payah melakukan hal di atas. Sekarang, kamu bisa menginstall windows pada macbook tanpa harus boot dulu. Cukup gunakan sebuah aplikasi yang bernama parallels. Dan sudah ada versi terbarunya, yaitu parallel versi 17 yang pasti akan memanjakan kamu dalam penggunaannya.

Aplikasi ini memang sudah begitu terkenal bagi macbookers untuk melakukan virtualisasi  Windows untuk Mac OS mereka. So, bagi kamu para pengguna macbook, aplikasi ini bisa menjadikan parallels untuk melakukan penginstalan windows pada macbook.

# Berikut cara install windows di macbook tanpa bootcamp:

  1. Kamu dapat melakukan penginstalan parallel desktop for mac. Caranya yaitu, kamu harus mendownload parallels melalui situs resmi  di sini: parallels. Hal tersebut tentunya gratis atau tidak berbayar. Apabila sudah terdownload, selanjutnya kamu bisa menginstall parallels desktop for mac pada macbook kamu.
  2. Menyiapkan file ISO windows yang kamu ingin install pada macbook kamu, semisal kamu bisa menyiapkan ISO windows 10. Cara mendapatkannya, yaitu kamu bisa mendownloadnya pada situs resmi microsoft. Apabila sudah terdownload, kamu bisa meletakkan file tersebut pada direktori yang menurut kamu bisa dengan mudah kamu ambil atau kamu jangkau.
  3. Setelah keduanya selesai, yaitu penginstalan parallels dan juga kamu sudah memiliki file ISO, selanjutnya kamu langsung bisa membuka parallels.
  4. Apabila kamu belum pernah sama sekali menggunakan parallels, maka kamu akan dibawa masuk masuk pada tampilan Parallels wizard.
  5. Setelah masuk ke menu tersebut, akan terdapat dua pilihan yaitu, install windows or another OS from a dvd or image files dan Transfer windows from a pc. Kemudian kamu bisa memilih, install windows or another OS from a dvd or image files. Karena kamu kan melakukan penginstalan windows ke macbook melalui dvd atau file.
  6. Kamu harus mengingat tempat kamu meletakkan file ISO yang sudah kamu download. Karena pada tahap selanjutnya yaitu, kamu harus memilih file ISO yang akan kamu install.
  7. Apabila kamu sudah memilih file ISO yang kamu ingin install, selanjutnya kamu bisa memasukkan serial key atau bisa disebut dengan password. Nah, untuk password ini, kamu bisa membelinya langsung di microsoft. Tentunya hal tersebut berbayar.
  8. Apabila kamu sudah memasukkan, serial key selanjutnya kamu bisa meng klik continue.
  9. Selanjutnya kamu bisa memilih pengaturan otomatis windows. Pilihlah pengaturan sesuai dengan kebutuhan yang akan kamu gunakan. Tapi kamu tetap bisa menggantinya, meskipun di kemudian hari, terdapat pengaturan yang lain yang belum kamu pilih, tetapi kamu membutuhkannya.
  10. Apabila sudah selesai, selanjutnya kamu bisa memilih direktori mana yang kena kamu gunakan untuk menyimpan mesin virtual parallels. Apabila telah terpilih, kamu bisa melanjutkan dengan meng klik continue.
  11. Lalu akan terjadi proses penginstalan. Kamu bisa menunggu proses penginstalan hingga selesai yaitu dimulainya dengan kemunculan kotak dialog pada install windows 10.
  12. Kemudian akan terdapat langkah-langkah yang bisa kamu ikuti. Ikuti langkah-langkah tersebut. Setelah selesai, kamu akan langsung masuk ke tampilan dekstop dari windows 10.
  13. Apabila kamu sudah masuk ke tampilan dekstop dari windows 10. Kamu akan melihat kotak dialog yang berisikan instalasi yang kamu tidak tahu, yang perlu kamu tahu, kotak dialog tersebut, merupakan instalasi driver beserta komponen dari parallels supaya windows dapat bekerja menggunakan semua hardware dari macbook.
  14. Apabila telah selesai, kamu bisa langsung mengaktifkan windows pada menu setting kemudian pilih update dan security selanjutnya kamu bisa pilih activation. Tentunya hal tersebut memerlukan koneksi internet. Kemudian kamu bisa menunggu proses aktivasi hingga selesai.
  15. Selesai. Windows 10 sudah terinstall di macbook.

Itulah cara install windows 10 pada macbook tanpa menggunakan bootcamp. Cara tersebut, akan mudah dilakukan apabila kamu benar-benar mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Mengenai tentang versi windows yang digunakan, sebenarnya kamu bisa menggunakan windows versi berapapun. Tapi lebih baik kamu menggunakan windows versi 10 atau windows yang terbaru.

Sumber: https://blog.elevenia.co.id/cara-install-windows-di-macbook-tanpa-bootcamp

Posting Komentar untuk "CARA Install Windows di Macbook Tanpa Bootcamp"