Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara AMPUH Buat Laptop / Komputer Mati Hidup Berulang Ulang


komputer mati hidup berulang ulang
komputer mati hidup berulang ulang

Cara Memperbaiki Komputer Mati Hidup Mati Hidup Berulang Ulang


Blogdet - Apa sih yang harus kamu lakukan jika komputer kamu mati sendiri secara mendadak dan tiba-tiba. Naasnya lagi matinya pas lagi booting lagi.. Hmm, rasanya ingin berkata Alhamdulillah.. hehe

Dalam arti lain ini bisa dikatakan sebagai troubleshooting (terjadi masalah pada komputer), disebabkan ada bagian hardware / komponen yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Adapun hardware yang menjadi bagian utama dari sebuah PC adalah motherboard, monitor, ram, power supply dan ram. Perlu di ketahui, semua komponen ini memeliki keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Yap. Sebuah masalah emang kalau kita dapati komputer kita mati hidup secara berulang. Jika kamu mendapati hal yang demikian maka kemungkinan kamu mendapati satu masalah seperti korsleting listrik maupun masalah di bagian hadrwarenya, seperti yang kita jelaskan di atas tadi.

Dari kejadian tadi ada beberapa penyebab mengapa komputer maupun PC kamu bisa mati dengan sendirinya ketika lagi proses booting. Dan inilah moment yang tepat buat kamu untuk membaca postingan blog kami kali ini. Silakan di baca, fahami dengan baik dan coba untuk dilakukan langsung pemecahan masalahnya. Semoga dengan wasilah ini komputer kamu akan cepat sembuh dari penyakit menyedihkan ini... 😁

1. Periksa dan Perhatikan Suara Beep

Jika kamu mendengar adanya suara di pada komputer anda harga akan lebih mudah ketahui kesalahan komputer kamu. Sebuah kode beep akan memberitahu dengan persis penyebab komputer kamu mati.

Kamu bisa mendengarkan dengan seksama kode beep yang berbunyi pada komputer mulai dinyalakan. Jika terlewatkan kamu bisa merestart kembali komputernya dengarkan lagi. setidaknya dengan kamu merestart kembali komputernya beberapa kali tidak akan memper buruk masalah.

2. Periksa Switch Power Supply

Jika kamu memiliki power supply (PSU). Pastikan bahwa tegangan power supply diatur dengan benar. Karena jika tegangan power supply tidak sesuai dengan pengaturan komputer kamu hanya akan menyala sebentar dan mati.

Pastikan juga ya PSU yang kamu memiliki adalah yang sudah terjamin kualitasnya. Karena sudah pasti barang yang murah kebanyakannya kualitas juga murahan alias cepat rusak dan tidak bisa memberikan hasil yang maksimal.

Kamu bisa mencoba PSU yang berkualitas di sini dan di sini.

3. Periksa Suhu Komputer

Pastikan juga komputer kamu mendapatkan sirkulasi udara yang baik dikarenakan jika suhu komponen atau hardware komputer kurang dingin atau mungkin terjadi overhead di suatu titik yang membuat otomatis menjadi mati.

Cobalah sisihkan waktu untuk membuka casing komputernya. Apakah ada hardware kamu yang berdebu atau tidak. Jika ada kotoran ataupun bebu maka sudah saatnya kamu membersihkan debu tersebut. Kamu bisa menggunakan pompa angin ataupun dengan cara tradisional; mencopot komponen satu persatu kemudian membersihkannya. dan cobalah untuk menyalakan kembali.

Jikalau beberapa menit ke depan komputer sudah kembali normal tetapi troubleshooting masih jadi kembali. Ada kemungkinan sirkulasi udaranyalah yang bermasalah; khususnya kipas CPU. Sudah saatnya diberi pasta CPU lagi atau bahkan mungkin lem biru (lempar beli baru) 😁. Selain itu kamu dapat menambahkan satu atau dua kipas lagi di casing kamu untuk menambah sirkulasi udara.

4. Adanya Korsleting Listrik

Periksa kembali apakah ada listrik pada komputer kamu yang mengalami korslet! Karena hal ini sangat sering terjadi sehingga menyebabkan masalah komputer menyala mati kembali.

Bagi kamu yang memiliki PC ataupun komputer sangat penting untuk meluangkan waktunya buat periksa bagian-bagian dalam komputer untuk mencari sesuatu yang korslet. Karena jika kamu tidak sempat meluangkan waktu untuk memecahkan masalah ini, kadang bisa berakibat fatal, yaitu menganti hardware dengan harga yang cukup mahal.

Posting Komentar untuk "Cara AMPUH Buat Laptop / Komputer Mati Hidup Berulang Ulang"