Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect Windows 7

 

cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect windows 7
Cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect windows 7

WiFi jadi kebutuhan prioritas untuk saat ini dan bahkan untuk masa depan. kita menjumpai banyak aktivitas yang tidak lepas dari kebutuhan WiFi. mulai dari menyelesaikan pekerjaan, belajar online, mengerjakan tugas maupun melakukan video conference dengan teman dan sebagainya. karena adanya WiFi ini kita bisa menjelajahi internet.

Tapi mungkin dalam kondisi tertentu, bisa saja kita m kita mendapatkan mendapatkan keadaan laptop tidak bisa connect ke WiFi. kalau laptopnya teman atau rekan kerja bisa terhubung ke wifi. pusing kan hehe 😂

Hal inilah membuat kita tidak maksimal dalam menggunakan laptop. Sehingga pekerjaan atau bahkan tugas pun menjadi kurang maksimal juga.

Tidak sedikit juga yang beranggapan kalau laptop yang WiFi itu disebabkan adanya kerusakan hardware netbook adapternya. Nggak salah sih, tapi juga belum tentu benar seutuhnya. bisa jadi penyebabnya ada di hal lain seperti salah memasukkan password dan SSID, atau adanya driver networknya. Terus apa aja sih yang menyebabkan laptop tidak bisa menyambung ke WiFi. Yuk, pantengin terus postingan blogdet ya!

Penyebab Laptop Tidak Connect WiFi

Sebelum kamu ingin memperbaiki laptop yang tidak bisa connect wifi. ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu penyebab terjadinya hal tersebut.

Karena dalam beberapa kasus, ada beberapa hal yang membuat laptop bisa tersambung ke WiFi. Apa saja itu? Berikut penjelasannya!

1. Jaringan WiFi bermasalah

laptop tidak bisa tersambung ke wifi karena bisa jadi ada masalah pada jaringan WiFi. Maka ada baiknya sebelum menggunakan wifi cobalah mengecek terlebih dahulu apakah WiFi tersebut bermasalah atau tidak!

2. Salah memasukkan SSID dan password wifi

Poin ini termasuk salah satu penyebab utama yang sering terjadi pada pengguna Wifi. Bisa jadi operator sudah mengubah password sehingga kamu pun tidak bisa menggunakannya kembali.. hehe

3. WiFi dalam keadaan non-aktif atau disable

Sudah pasti kamu tidak akan bisa menyambungkan wifi yang disetting dalam keadaan disable. Maka periksalah kembali dan cek secara berkala!

4. Hardware rusak

Inilah kemungkinan yang paling buruk yang bisa menyebabkan laptop tidak bisa tersambung ke WiFi, yaitu adanya kemungkinan hardware yang sudah rusak rusak. Bisa jadi ada kerusakan pada network adapternya maupun kondisi hardware yang telah usang atau hal lainnya.

5. Kerusakan driver

Jika ada driver yang rusak atau belum terinstal dengan sempurna maka tiga bisa menyebabkan tidak connect ke WiFi.

6. DLL (Unknow/Tak Terketahui)

 

Sekarang kita bahas solusi daripada masalah-masalah yang ada tersebut!

Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect Windows 7, 8 & 10

Sebenarnya cara ini tidak hanya terbatas pada Windows 7 saja. Cara ini pun bisa kamu gunakan di Windows 8 maupun di Windows 10. Asal kamu sudah memahami langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan!

Berikutlah langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki laptop yang tidak bisa tersambung WiFi

#PERTAMA...

Cek terlebih dahulu pada Notification Area Icon Network/WiFi di bagian pojok kanan bawah tampilan desktop. Ceklah apakah disitu ada lambang segitiga kuning dengan tanda seru?

Jika ada, kamu tidakbisa terkoneksi dengan wifi tersebut sebelum lambang nya menghilang. Dan berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki nya;

cara memperbaiki wifi laptop yang tidak bisa connect
Klik gambar untuk memperbesar!

  1. Klik StartControl PanelNetwork and InternetNetwork and Sharing CenterChange Adapter Setting
  2. Klik kanan pada Wireless Connection kemudian pilih Properties
  3. Kemudian akan muncul internet protocol version 4, lalu double klik.
  4. Selanjutnya pilih Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.
  5. Kemudian tinggal klik ok, dan ok lagi.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas. Kamu boleh close dan tunggu beberapa saat, maka biasanya dalam beberapa detik akan terlihat pada notification area Icon Network/WiFi sudah bersih dari lambang segitiga kuning bertanda seru. Ajaib hehe

Jika sudah hilang maka berarti kamu sudah bisa lanjutkan berselancar di internet karena sudah terhubung ke dalam jaringan WiFi.

#KEDUA...

Tapi bagaimana kalau laptop masih belum sambung ke internet? Mungkin ada beberapa problem pada driver networknya yang menyebabkan tidak tersambungnya laptop ke WiFi. Untuk menganalisanya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini;

Mengatasi problem wifi yang tidak tersambung
Credit:berakal.com

  1. Klik kanan pada My Computer/This PC untuk versi windows 8 – Klik Manage 
  2. Kemudian klik Device Manager
  3. Selanjutnya klik network adapters, jika terdapat tanda tanya berwarna kuning, berarti terdapat masalah pada driver tersebut atau belum terinstall!

Setelah menjalankan langkah-langkah tadi seharusnya laptop kamu sudah bisa tersambung ke WiFi secara lancar dan normal.

Tapi kalau masih belum bisa tersambung juga,  analisislah beberapa penyebab yang membuat laptop tidak bisa tersambung ke WiFi sesuai yang telah kita jelaskan diatas.

Solusi terakhir bagi kamu yang mengalami kebuntuan. Silakan saja kunjungi service center terdekat yang ada di kota kamu guna memperbaiki laptop. Karena mungkin yang menjadi permasalahannya adalah network adaptor yang sudah rusak dan itu harus diganti dengan yang baru!

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk " Cara Memperbaiki WiFi Laptop Yang Tidak Bisa Connect Windows 7"