Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menghentikan aplikasi berjalan di laptop

Cara menghentikan aplikasi berjalan di laptop

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Laptop

Blogdet - Tentunya bukan hal yang aneh lagi ketika pengguna laptop (seringnya sih windows) mengalami aplikasi yang hang alias tidak berjalan dengan normal, sehingga rasanya ingin sekali menghentikannya dan mencari solusi cara menghentikan aplikasi berjalan di laptop tersebut

Apalagi kalau kamu sudah dikejar deadline dan tugas-tugas yang penting, rasanya ingin langsung membanting laptopnya biar tambar kelar… hehe 😅.. So, jangan lakukan hal tersebut ya gaes… Di sini kita akan cari jalan ninjanya yang baik tanpa harus banting laptopnya.

Tentunya ada beberapa alasan mengapa laptop kamu mengalami hang, dan biasanya yang membuat hal tersebut adalah adanya beberapa aplikasi yang sedang berjalan di background; yang hal ini sangat mempengaruhi kinerja dari laptop itu sendiri.

kamu bisa meningkatkan kecepatannya kembali dengan cara menonaktifkan beberapa aplikasi tersebut sehingga laptop pun menjadi lancar kembali. Di sini kamu akan mendapatkan metode-metode yang bisa dicoba dan sangat berguna sekali tentunya. Salah satunya dengan melakukan beberapa penyesuaian pada Registry Editor, jadi kamu harus lebih berhati-hati ketika melakukannya agar tidak terjadi kesalahan yang bisa berakibat fatal nantinya.

Baca JugaKenapa Aplikasi di Laptop Tidak Bisa di Close?

1. Menggunakan Task Manager

Aplikasi bawaan dari Microsoft ini merupakan sebuah aplikasi yang sangat berguna sekali untuk banyak keperluan, sehingga kamu pun tidak perlu lagi repot - repot untuk mendownload software yang semisalnya. Berikut tahapan-tahapan yang perlu kamu lakukan

Tekan secara bersamaan  tombol CTRL+SHITF+ESC atau bisa langsung ke jendela windows dan  ketik aja task manager di menu  pencariannya.

Setelah terbuka maka akan muncul berbagai macam program dan aplikasi yang sedang berjalan. Cara untuk menghentikan program tersebut adalah dengan klik kanan mouse dan pilih end task pada bagian process. Dan inilah tutorial tentang bagaimana cara end task manager yang cepat yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Yang Error?

2. Menggunakan Windows PowerShell

Windows PowerShell juga bisa digunakan dalam menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di laptop.Cara ini bisa dibilang sama dengan cara di atas, yaitu dengan cara memaksa. 

Untuk mengakses Windows PowerShell, berikut langkah yang kudu kamu lakukan,

  • Buka jendela Run terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan. Setelah itu ketikkan PowerShell.
  • Akan muncul jendela PowerShell itu sendiri. Silakan kamu, ketikkan get-process dan tekan enter untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di laptop kamu
  • Setelahnya,  untuk menghentikan paksa aplikasi yang lagi berjalan kamu bisa ketikkan kill –processname [nama aplikasi]

Sebagai contoh, kamu ingin menghentikan aplikasi chrome yang sedang berjalan. Maka perintah yang di ketik adalah kill –processname chrome. Dan tekan Enter maka aplikasi chrome pun akan langsung tertutup otomatis.

3. Menggunakan Perintah Keyboard

Kamu juga bisa menggunakan cara yang simpel untuk menghetikan aplikasi yang sedang berjalan, yaitu dengan perintah keyboard. Caranya dengan menekan tombol ALT + F4 secara bersamaan.

Maka secara otomatis aplikasi yang sedang berjalanpun akan langsung hilang tertutup. Cara ini cocok buat kamu yang kadang suka mendapati program yang ngehang di tengah jalan.

Nah, itulah tiga cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang laptop yang bisa kamu lakukan. Jika kamu ingin menonaktifkan program yang bekerja di belakang background. Maka langkah yang benar adalah dengan mengikuti cara-cara di atas tadi.

Pastinya cara-cara tafi cukup mudah bukan untuk kamu lakukan?! Silakan diterapkan untuk mengatasi program yang tiba-tiba tidak merespon atau hang. Semoga ketiga cara yang telah dipaparkan di atas dapat menyelesaikan permasalahan pada laptop kamu, khususnya mengenai aplikasi atau program yang tiba-tiba hang.

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "Cara menghentikan aplikasi berjalan di laptop"