Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

# Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

kenapa touchpad laptop tidak berfungsi
Touchpad tidak berfungsi

Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Blogdet - Sudah pasti yang namanya laptop ada aja yang namanya masalah. Salah satunya adalah masalah yang terjadi pada touchpad yang tidak berfungsi normal alias rusak. Sehingga kita pun berusaha untuk mencari solusi dari kenapa touchpad laptop tidak berfungsi dengan normal.

Ketika kamu mendapatkan touchpad yang rusak tidak perlu panik terlebih dahulu! Touchpad yang rusak bisa saja disebabkan oleh driver yang outdated, ada kuman virus yang masuk, bisa juga adanya program yang baru terinstal, habis instal ulang sistem operasi,  atau yang nggak sengaja dinonaktifkan bahkan sesimple hal seperle seperti gara-gara laptop yang lagi dicas.

Santai saja, kamu tidak perlu panik karena kami akan bahas solusi buat touchpad yang rusak alias tidak berfungsi.

# Touchpad yang nggak sengaja dinonaktifkan

Tahukah kamu bahwa ini salah satu penyebab yang paling sering terjadi. Biasanya  ada beberapa tombol kombinasi untuk bisa mengaktifkan kembali touchpad yang mati yaitu F6FN + F5,  atau  FN + F6 (kamu bisa cek di jajaran tombol F1 sampai F12 yang punya icon touchpad)

Kamu bisa juga menggunakan cara lain untuk mengaktifkan touchpad yang mati

  • Masuk ke menu
  • Ketikkan Mouse
  • Kamu akan menemukan device settings
  • Silakan aktifkan tampilan touch Ketika menemukan status touch yang tidak aktif

Jika kamu tidak menemukan cara di atas dan kamu adalah pengguna Windows 10,  cobalah cara berikut ini,

  • Pergi ke Start > Settings > Devices > Mouse and Touchpad.
  • Perhatikan pilihan yang ada pada bagian bawah.
  • Klik Additional Mouse Options.
  • Dan Mouse Properties akan tampil dan kilik kanan.
  • Akan muncul Device Settings.
  • Perhatikan aktif atau tidaknya!
  • Kalau tidak aktif, segera aktifkan dengan fitur yang telah disediakan.

Kalau kamu mendapatkan 2 cara di atas tetap belum mendapatkan jalan keluarnya.  Maka cara terakhir yang menjadi alternatifnya adalah kamu harus memperbaiki nya langsung ke service center, terlebih jika laptop kamu masih memiliki garansi

Kenapa tidak bisa?  karena kalau cara-cara diatas tidak berhasil, hampir bisa dipastikan kalau laptop kamu itu memiliki masalah pada hardwarenya. Berbeda kalau touchpad yang tidak berfungsi, sehingga kamu harus mencoba menukar touchpadmu dengan touchpad orang lain dalam rangka pengujian letak kerusakan touchpad tersebut. Maka tentu itu cukup sulit dan sangat tidak disarankan karena malah membuat kerusakan pada bagian yang lain.

# Touchpad tidak berfungsi karena sedang dicas

Kalau kamu dalam keadaan lagi mengecas laptop dan  touchpad  laptop tidak berfungsi,  cobalah untuk mencabut terlebih dahulu charger dan masalah  teratasi kembali.

Karena salah satu penyebab touchpad tidak berfungsi dengan baik itu bisa saja disebabkan chargernya yang memiliki masalah.  jadi charger yang kamu punya itu sudah rusak atau bukan charger ori sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada charger tersebut.

Penyebab lain bisa jadi bersumber dari pada listrik yang tidak stabil,  Mengapa touchpad laptop tidak bisa berfungsi dengan normal ketika sedang mengunjungi tempat baru di mana kamu belum tahu betul keadaan listrik sekitarnya.

Kalau memang touchpad sudah tidak berfungsi lagi ketika dicas, mungkin solusi yang baik adalah lem biru (lempar beli baru). Kamu bisa membeli charger yang ori sehingga ketahannya ketahanannya pun awet dan terjamin kualitasnya, daripada charger KW (walaupun murah belum tentu kualitas terjamin!).

Untuk mencari charger laptop ori kamu bisa mencarinya di sini.

# Driver touchpad yang harus di-update

Kalau kamu mendapati tespek kamu tidak berfungsi karena driver yang belum di-update kamu bisa mengikuti langkah di bawah untuk bisa menjadi solusi. Gunakan dulu Mouse external kalau touchpad kamu dalam keadaan rusak total

  1. Masuk ke Start Menu (Logo Windows).
  2. Ketik “Device Manager“ dan klik program yang muncul.
  3. Temukan Your PC dan double klik Mice and other pointing devices.
  4. Klik kanan dan pilih Update Driver Software.
  5. Pilih Search automatically for update driver sofware , lalu klik langkah selanjutnya.

Silakan kamu lanjutkan sesuai tahap yang telah diberikan dan seharusnya sistem secara otomatis akan mengupdate driver touchpad kamu.

# Touchpad tidak berfungsi setelah instal ulang Windows

Ketika kamu melakukan penginstalan ulang Windows dan kamu mendapati touch yang tidak berfungsi kembali.  maka kamu akan merasa kesal dan bingung jangan panik!  hal ini terjadi karena biasanya letak tersebut ada pada format atau sistem yang kurang tepat dalam melakukan penginstalan ulang.

Hal inilah yang menjadikan kamu itu perhatian dengan saksama.  baik dari sistemnya,  mbr,  format,  sistem booting  dan lainnya.  format atau sistem harus berjalan sesuai dengan alur semestinya. Tidak boleh dipaksakan atau mengambil jalan pintas untuk segala format yang ada pada laptop.

Intinya kamu tidak perlu cemas dan harap tenang ketika mendapatkan touchpad laptop yang tidak berfungsi dengan baik. Ketahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Dan langkah apa yang tepat untuk dilakukan setelahnya.

Yup, cukup demikian pembahasan kami kali ini mengenai kenapa touchpad laptop tidak berfungsi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kami ada blogdet ini.

Baca jugaCara Mengaktifkan Touchpad Laptop ASUS Windows 10

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "# Kenapa Touchpad Laptop Tidak Berfungsi"