Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TUNTAS! Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows & Mac

TUNTAS! Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows & Mac
Kupas Tuntas Spek Laptop Kamu!
Cara Melihat Spesifikasi Laptop

BLOGDET - Seperti halnya smartphone, laptop maupun komputer juga memiliki spesifikasi tersendiri. sehingga penting untuk sang pemilik mengetahui bagaimana cara melihat spesifikasi laptop itu sendiri. Pada dasarnya cara mengetahui spesifikasi laptop itu mudah dan simple aja sih (jika kamu tahu 😁). Maka disitulah kita akan bahas tuntas dan lengkap semua yang berkaitan tentang cara melihat spek laptop maupun komputer atau yang dikenal dengan PC.

Dengan semakin bagusnya spesifikasi laptop maka akan bagus juga performa dari laptop itu sendiri, begitupun sebaliknya jika spesifikasi laptop kita kurang bagus maka akan berpengaruh juga terhadap performa laptop itu sendiri.

Tahukah kamu bahwa mengecek spesifikasi laptop ini sangat diperlukan sekali! Terutama bagi orang yang ingin membeli laptop, terutama laptop bekas, agar kita pun mengetahui kesesuaian spesifikasi yang ditawarkan dari laptop itu sendiri. Juga berguna bagi para gamer yang sangat jeli untuk mengetahui tentang spek laptop yang akan dia beli

Selain hal di atas. Dengan kamu mengetahui spesifikasi laptop maka kamu pun akan lebih paham ketika mau menginstal sebuah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang dipasang haruslah sesuai dengan spesifikasi yang ada!

Jangan sampai jomplang dalam hal ini ya gaes. Kan ga mungkin lah kalau spek laptop biasa aja tapi mau performa luar biasa… Ga jauh-jauh dari peribahasa ada harga ada rupa (katanya lho ya hehe)

Lantas bagaimana cara untuk mengecek spesifikasi laptop PC/desktop kamu? Kamu bisa mengetahui spesifikasi laptop PC/desktop melalui langkah-langkah yang akan kita jelaskan. Terutama ini menyangkut pengguna Windows 10 dahulu ya, sebagai operating system terbanyak di negara kita tercinta ini. 

Secara garis besar blogdet akan menyampaikan dua cara melihat spesifikasi laptop ini untuk versi Windows (Baik Windows 7, 8 maupun 10) dan versi Macbook. Kita mulai bahas dulu cara cek spek laptop dari Windows ya.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows

# LANGSUNG DARI APLIKASI BAWAAN WINDOWS

1. Melalui This PC

Kamu bisa melihat spek dari laptop windows dengan cara membuka menu This PC.

Inilah langkah-langkah yang harus kamu lakukan,

  • Buka Windows Explorer dengan mengklik tombol Windows + E secara bersamaan.
  • Setelah terbuka, klik kanan mouse pada This PC kemudian pilih Properties atau My Computer untuk Windows 7.
  • Akan terlihat spesifikasi laptop kamu pada jendela About (pada Windows 10) yang berisikan beberapa informasi seperti pada bagian "Device specifications" mencantumkan sejumlah spesifikasi inti komputer, seperti model dan nama komputer, RAM, prosesor, jenis sistem juga info lainnya

Kamu pun juga bisa mengubah nama komputer dengan meng-klik tombol "Rename this PC".

2. Melalui Settings

Cara ini sebenarnya sama saja dengan cara pertama di atas, hanya cara bukanya aja yang berbeda. Kamu bisa buka pada menu “Settings (Pengaturan)” di laptop kamu.

Adapun langkahnya sebagai berikut,

  • Buka menu Settings komputer.
  • Klik System.
  • Setelah itu klik About.
  • Akan muncul informasi yang sama persis sebagaimana cara pertama di atas.

Hal-hal yang ditampilkan pun meliputi spesifikasi laptop dan spesifikasi Windows, sebagaimana yang sama terjadi pada langkah awal tadi.

3. Melalui Command Prompt

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan adalah melalui command prompt buat ngecek-ngeceknya. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka RUN dengan cara klik tombol Windows + R pada secara bersamaan.
  • Ketikkan kata “cmd” pada kolom yang tersedia, lalu klik OK
  • Pada jendela Command Prompt, ketik “system info
  • Maka akan tertampang jelas sistem laptop milik kamu tersebut.
  • Selesai, maka kamu sudah bisa mengetahui bagaimana cara mengecek spesifikasi laptop melalui Command Prompt.

4. Melalui  DxDiag Diagnostic Tool

Masih ada lagi cara cek spek PC yang lain buat mengetahui spesifikasi laptop Windows 10 kamu, yaitu dengan menggunakan tool DxDiag. Perlu diketahui tool ini merupakan bagian dari antarmuka pemrograman Directx.

Bagi para gamer tool ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui cara cek spek komputer/PC, karena tool DxDiag ini sudah tool andalan gamer untuk bisa digunakan dalam mengecek VGA laptop gaming terbaik mereka.

Cara ini bisa digunakan untuk semua versi Windows ya, jadi bagi kamu yang mencari cara melihat spek laptop komputer Windows 7 ga usah khawatir. Caranya pun cukup praktis dan gampang, berikut langkahnya:

  • Buka Run terlebih dahulu, caranya masih sama (tombol Windows + R)
  • Ketikkan dxdiag di kolom yang tersedia, dan klik OK.
  • Kamu akan menerima sebuah menu dialog yang meminta izin untuk terhubung ke internet, setujui permintaan ini dan akan muncul kotak informasi bernama DirectX Diagnostic Tool.
  • Di sini kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai spesifikasi laptop dan pada bagian system, kamu pun bisa mengetahui spesifikasi pada windows baik 64 atau 32 bit nya

Jika kamu mau, kamu bisa save tentang informasi spek komputer atau laptop kamu dalam bentuk file txt pada bagian Save All Information.

# MELALUI APLIKASI LAIN

Di sini kamu bisa juga menggunakan jalur lain alias bukan bawaan dari Windows melainkan orang lain alias developer. Dan pastinya beda donk dengan cara-cara sebelumnya yang cukup dengan memanfaatkan fitur yang telah tersedia di laptop atau komputer kamu.

1. Menggunakan CPU-Z

Untuk melihat spesifikasi laptop kamu menggunakan aplikasi ini, kamu harus punya dulu pastinya agar proses semakin mudah. Jika belum punya kamu bisa mengunduhnya di sini. Walaupun gratis, aplikasi ini tetap banyak dimanfaatkan oleh gamers untuk menyesuaikan laptop mereka lho!

Dengan bantuan aplikasi ini kamu bisa melihat secara detail mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed kamu pada kolom CPU.

Mau tau tentang informasi dari mainboard komputer atau laptop kamu? Buka aja di kolom mainboard yang tersedia pada CPU-Z, nanti akan terlihat jelas ko semuanya.

Kamu juga bisa mengetahui tipe dari memori laptop pada kolom type memory. Dan bisa juga intip-intip slot RAM serta beragam informasi mengenai RAM pada kolom tab SPD,

Di CPU Z ini juga kamu bisa melihat power consumption dan berapa tegangan listrik yang digunakan.Begitulah kira-kira cara kamu mengecek spesifikasi laptop yang dimiliki melalui CPU Z.

2. Menggunakan Software Speccy

Cara lain buat melihat spesifikasi laptop ya melalui software ini. Yaitu dengan menggunakan Software Speccy. Mau tahu cara lengkapnya? Berikut tahapan-tahapannya,

  • Sama seperti menggunakan CPU Z, kamu pun harus mengunduh terlebih dahulu (di sini) dan menginstalnya.
  • Jika sudah terinstall sempurna, silakan kamu bisa membukanya terlebih dahulu
  • Secara otomati aplikasi ini akan memberikan Informasi rinci mengenai spesifikasi CPU laptop kamu.

Oh iya, kamu juga bisa melihat secara detail mengenai spesifikasi dari PC atau laptop kamu pada bagian tab summary,

3. Menggunakan Aplikasi HWiNFO

Kalau mau tahu secara mendetail dan komprehensif tentang spesifikasi komputer dan laptop, silakan pakai aplikasi HWiNFO ini gaes. Aplikasi ini juga berguna buat cara liat spek PC kamu.

Di sini kamu ga cuma bisa gunain untuk cek spesifikasi laptop aja tapi bisa juga untuk memonitor kondisi laptop kamu secara real-time. Mantap kan!

Cocoklah buat kamu para pengguna pro yang suka nyiksa laptop buat kebutuhan berat-berat. So, aplikasi ini penting sekali karena bisa mendeteksi masalah laptop kamu sebelum mati total.

Karena biasanya yang menggunakan aplikasi ini adalah pengguna pro, jadi saya ga perlu lagi jelasin panjang kali lebarnya… Tinggal cari aja di google atau kalo mager bisa di sini dan install deh. Selesai

Selesai sudah pembahasan kita tentang bagaimana cara melihat spesifikasi laptop windows 10, 8 maupun 7. Bagi kamu yang menggunakan laptop Macbook, silakan simak berikut ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Macbook
Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Macbook
Macbook

Udah masyhur kalau cara melihat spesifikasi laptop Macbook bisa dibilang sangat mudah dan tidak terlalu berbelit jika dibandingkan laptop Windows. Baik versi Pro atau Airnya semuanya sama aja sih kalau menurut saya.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik logo Apple pada menu bar
  • Pilih About My Mac
  • Kini kamu bisa melihat spesifikasi umumnya
Kalau kamu ingin melihat spesifikasi secara rinci, ikuti langkah-langkah ini:
  • Klik logo Apple di menu bar
  • Tekan tombol Option di keyboard
  • Klik System Information
  • Kini kamu bisa melihat spesifikasi rincinya
  • Selesai. Dan cara melihat spesifikasi komputer Macbook kamu pun sudah selesai.

Semoga dengan artikel ini kamu sudah tidak bingung lagi untuk mencari cara melihat spek laptop, PC maupun komputer kamu.Semoga artikel ini bermanfaat ya, Sahabat blodget!

Rekomendasi Artikel:

  • Cara melihat spesifikasi ram laptop
  • Cara melihat spesifikasi baterai laptop
  • Cara melihat spesifikasi vga laptop
  • Cara melihat spesifikasi prosesor laptop
  • Cara melihat spesifikasi hardisk laptop

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "TUNTAS! Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows & Mac"