Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√√ CARA Melihat Spesifikasi RAM Laptop Windows 10, 8, 7 TERLENGKAP!

CARA Melihat Spesifikasi RAM Laptop
cara mengecek ram laptop dengan cepat!
BLOGDET - Untuk mengetahui tentang cara melihat spesifikasi ram laptop Windows 10 sangatlah mudah dilakukan. Cara cek ram laptop ini pun tidak hanya berlaku pada windows 10 saja lho, ini juga work ko buat Windows 7 maupun 8. 

Sudah pasti donk pemilik laptop kudu tahu cara melihat ram laptopnya, karena ini sangatlah penting. Bayangkan ketika mau install game, aplikasi atau program, maka kamu terlebih dahulu bener-bener pastiin bahwa komputer atau laptop yang kamu miliki mempunyai spesifikasi yang memenuhi buat install hal-hal tadi.

Masak iya kita mau pakasin buat install aplikasi berat tapi ga didukung dengan spesifikasi yang memadai, pasti donk bisa berdampak pada penurunan kinerja komputernya kan!

Buat kamu yang mau tahu cara mengecek ram laptop, kamu bisa gunakan DirectX Diagnostic Tools atau dengan bantuan software seperti Speccy, hampir sama seperti postingan saya sebelumnya. 

Nah berikut tutorial cara melihat spesifikasi laptop dan komputer secara detail, mulai dari Prosesor (CPU), RAM, HDD, VGA dan lain sebagainya.

Cara Melihat Spesifikasi Ram Laptop Melalui DxDiag

Aplikasi ini memungkinkan kamu buat ngecek dan melihat spesifikasi komputer maupun laptop dengan menampilkan processor atau orang bilangnya otak dari laptop maupun komputer tersebut.

Perlu diketahui processor merupakan salah satu komponen yang penting yang ada di laptop kamu. Dengan aplikasi ini kamu jadi bisa melihat kapasitas RAM, jenis VGA, dan lainya. 

Begnilah cara cek ram laptop melalui DxDiag tool,

  • Buka dulu tool DxDiag, dengan masuk ke menu Run (ketik Windows + R secara bersamaan).
  • Ketikkan DxDiag pada kolomnya kemudian klik OK.
  • DirectX Diagnostic Tool akan muncul, dan memberikan informasi lengkap spesifikasi mengenai laptop atau PC yang kamu gunakan.

Cara Melihat Spesifikasi Ram Laptop Melalui HWiNFO

Di sini kamu bisa mengetahui secara komprehensif dan detail tentang Ram laptop, begitu juga tentang spek laptop.

Cara cek ram laptop di aplikasi ini juga termasuk mudah dilakukan. Pakai aplikasi ini, kamu jadi bisa memperoleh banyak informasi yang penting lho; seperti rincian mengenai CPU, melihat seluruh komponen komputer contohnya seperti Core, RAM,  Processor, VGA, BIOS dan lain-lainnya. 

Karena ini bukan aplikasi bawaan dari Windows, jadi kamu harus install dulu ya.Sebelum install pastikan kamu sudah mempunya file installer terlebih dahulu, jika belum ada silakan klik di sini untuk mengundunya.

Bagaimana langkah-langkahnya? Simak penjelasannya berikut ini,

  • Jika sudah terunduh, maka klik dua kali file tersebut agar terinstall.
  • Selanjutnya akan muncul kotak Wizard, klik Next untuk melanjutkan penginstalan.
  • Muncul lagi kotak persetujuan lisensi, silakan kamu pilih I accept the agreement. Dan klik Next.
  • Klik tombol Run buat jalanin aplikasi HWiNFOnya
  • Sabar sambing menunggu beberapa saat sampai programnya selesai membaca komponen-komponen di laptop. 
  • Maka kotak informasi lengkap tentang spesifikasi laptop kamu pun akan muncul setelah beberapa saat.

Cara Melihat Spesifikasi Ram Laptop Melalui Speccy

Masih menggunakan aplikasi lain (bukan bawaan Windows), kali ini kita akan menggunakan Speccy sebagai cara cek ram laptopnya. Di aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui dan melihat  spesifikasi dan komponen yang ada di laptop seperti operating system atau perangkat keras dan lainnya.

Berikut cara penggunaannya.

  • Download dulu aplikasi Speccy terlebih dahulu melalui link ini, kemudian klik button Download.
  • Setelah di download, baru kamu bisa menginstall aplikasi tersebut dengan cara mengklik file installer yang sudah terdownload tadi. Dan install aja dengan cara klik klik next next sampai selesai 😆
  • Jika sudah terinstall sempurna, baru deh kamu bisa membukanya terlebih dahulu, maka secara otomatis aplikasi ini akan memberikan Informasi rinci mengenai spesifikasi RAM laptop juga CPU yang terpasang padanya.
Yah, cukup tiga saja yang kami sampaikan tentang cara melihat ram laptop ini. Kalau kebanyakan ntar pusing sendiri lagi kan 😁. Jadi blogdet berikan sedikit aja tapi to the point sehingga menjadi jelas. Dan semoga artikel ini bermanfaat buat kamu, silakan share ke teman jika bermanfaat (ada di tombol bawah ko) dan komen jika ada yang ingin dipertanyakan. Terima kasih!

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "√√ CARA Melihat Spesifikasi RAM Laptop Windows 10, 8, 7 TERLENGKAP!"