√ Editor Foto Gratis dan Terbaik Untuk PC, Komputer dan Laptop

Editor foto gratis

Kali ini blogdet akan membahas tentang sebuah aplikasi maupun software editor foto gratis buat kamu sekalian. Yap, gratis bukan berbayar. Tahulah apa sebabnya, hehe. Pasti kamu juga membutuhkannya kan, minimal untuk menghindari dari memakai aplikasi maupun software yang bajakan.

Sepertinya software bajakan masih menjadi pilihan dari sebagian besar pengguna komputer dan pc, dikarenakan mudah mendapatkannya. Btw, moga aja kita bisa move-an ya guys dari mamakai software bajakan yang tersebar di internet. Ya, agar lebih berkah aja ketika kita memakai aplikasi maupun software yang asli karena 100% halal di pakai. Kan, kasihan juga developernya udah bikin capek-capek tapi hasil kerja kerasnya di bajak orang lain. Asli dah rasanya itu bikin nyesek, dan kitapun bisa merasakan hal yang sama ketika kita di posisi mereka.

Dari itulah blogdet ingin membantu kamu sekalian untuk pindah ke aplikasi editor foto gratis sebagai alternatif lain kalau kita belum bisa membelinya.

Inilah daftar aplikasi gratis untuk edit foto kamu di laptop maupun pc:


1. GIMP

GIMP Aplikasi edit foto

Jika kamu mencari sebuah aplikasi editor foto gratis dan powerful maka blogdet akan menyarankan aplikasi ini untuk di pakai di pc kamu. Tidak salah kalau blogdet manaruh aplikasi ini di urutan teratas dikarenakan fiturnya yang lumayan layaknya aplikasi edit foto yang berbayar semisal photoshop dan lainnya. Kami sangat merekomendasikan alterlnatif open source gratis ini untuk Adobe Photoshop yang telah ada sejak 1995.

GIMP merupakan program open source yang sangat direkomendasikan untuk para desainer dan fotografer dan aplikasi ini menjadi editor foto dan gambar open source dengan performa penuh yang pernah ada. Bahkan lebih kuat dari Adobe Photoshop. Hanya memakan penyimpanan sebesar 20 MB. Aplikasi editor foto ini mampu menciptakan sebuah gambar yang sangat menakjubkan dan kemampuan memanipulasi yang terbukti canggih.

Dikarenakan sifatnya yang open source membuat GIMP banyak disukai oleh kalangan desainer dan fotografer. Bahkan tidak sedikit para profesional tersebut yang menggunakan GIMP untuk mengedit foto, membuat logo, atau mengolah gambar.

Perangkat lunak ini berisi semua yang kamu butuhkan untuk mengedit foto, mengimpor seni berbasis vektor kamu untuk efek dan realisme yang lebih baik, atau menghasilkan lukisan digital yang menakjubkan. GIMP menjadi alat yang setiap seniman digital tidak boleh hidup tanpanya.

Oh iya, bagi kamu yang belum tahu GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulatuion Program. Aplikasi ini juga cocok untuk pengolahan gambar, perbaikan foto dengan kualitas tinggi, program paint sederhana, sistem pemrosesan batch online, konverter format gambar, juga pembuatan dan penggabungan gambar. GIMP menawarkan toolset lebar – semua yang kamu terbiasa mudah dijangkau, termasuk tool paint, koreksi warna, kloning, seleksi, dan peningkatan.

Editor foto open-source yang memulai debutnya pada platform berbasis Unix, GIMP singkatan dari GNU Gambar Manipulation Program. Hari ini tersedia dalam versi untuk Linux, Windows, dan Mac. GIMP menawarkan toolset lebar – semua yang kamu terbiasa mudah dijangkau, termasuk tool paint, koreksi warna, kloning, seleksi, dan peningkatan.

Satu lagi kelebihan GIMP adalah kamu dapat bekerja dengan semia format file yang populer tanpa masalah sama sekali berkat kerja keras para developernya.

GIMP juga menyediakan fitur manajemen warna terbaik untuk memastikan reproduksi warna dengan kesetiaan tinggi di media digital dan cetak.

Bagi kamu pengguna Windows, Linux maupun Mac ga usah khawatir tidak bisa menginstall aplikasi ini, karena aplikasi ini memang mendukung di tiga platform tersebut.

Kami sangat merekomendasikan alternatif open source gratis ini untuk Adobe Photoshop yang telah ada sejak 1995. GIMP berisi semua yang kamu butuhkan untuk mengedit foto, mengimpor seni berbasis vektor kamu untuk efek dan realisme yang lebih baik, atau menghasilkan lukisan digital yang menakjubkan. GIMP menjadi alat yang setiap seniman digital tidak boleh hidup tanpanya.

Secara keseluruhan, GIMP menyediakan dua komponen utama: Artboard berfungsi sebagai jendela tengah dan kotak peralatan persegi panjang yang dapat “mengambang” di desktop, atau menempel di sisi jendela tengah. Kamu dapat membuat packing tools “mengambang” lainnya yang bisa kamu kumpulkan bersama seperti lapisan, brush, color channels, paths, dan history. GIMP sangat berguna jika kamu ingin merampingkan proses editing / perancangan kamu.

Kelebihan GIMP

  1. Berjalan di tiga sistem operasi : Linux, Windows dan Mac OS.
  2. Aplikasi ringan.
  3. Mengimport dan eksport foto/gambar ke ekstensi SVG.
  4. Menggambar animasi menjadi mudah.
  5. Tersedia berbagai macam format file untuk gambar/foto.
  6. Mendukung berbagai macam format file.

Kelemahan GIMP

  1. Dibandingkan dengan Adope Photoshop, filter/efek-efeknya lengkap tapi sudah lumayanlah.
  2. Hanya mendukung 8 bits per-channel (ga seperti Photoshop yang mendukung 64 bit per-channel).
  3. Plug-in yang tersedia masih sedikit.
  4. Memiliki Antarmuka yang sedikit agak berantakan.
  5. Walaupu GIMP bisa melakukan lebih dari yang dibutuhkan fansnya, tetapi Photoshop masih jauh lebih dari GIMP untuk melakukan yang lebih banyak lagi.

2. Fotor

Software edit foto komputer dan pc

Walaupun aplikasi ini kurang komprehensif tetapi lebih mudah digunakan dalam pengeditan foto kamu.

Aplikasi ini cocok bagi kamu yang tidak terlalu mementingkan teknis alias ga banyak ribet tapi bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat untuk sebuah pengeditan foto. Maka foto wajib kamu pertimbangkan daripada harus ribet seperti menggunakan GIMP.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan seperti image shape, pilihan font yang banyak, bentuk sticker yang banyak untuk kebutuhan editing, drop shadow, transparansi dan masih banyak fitur lain yang bisa kamu dapatkan.


Kelebihan Fotor:

  1. Mudah dalam pengoperasiannya dengan hanya satu ketukan yang nyaman.
  2. Sebuah alat kolase foto sederhana, sehingga tidak perlu banyak ribet.
  3. Mudah digunakan.

Kekurangan Fotor:

  1. Banyak iklannya guys yang mengganggu aktifitas editing, karena berbasis editing online.
  2. Memiliki fitur yang masih sedikit dibandingakan GIMP.

3. Paint.NET

Aplikasi edit foto pc ringan

Editor foto yang satu ini mungkin tidak sepowerful seperti GIMP, tapi siapa sangka banyak juga kalangan yang menyukai perangkat lunak yang satu ini. Karena Paint.NET memiliki kekuatan pada dasar-dasar editing foto dan gambar, dengan opsi mengubah ukuran, berbagai pilihan tool, memutar foto dan beberapa efek khusus yang sangat baik.

Paint.NET memiliki fitur GUI (Graphical User Interface), yaitu metode yang cukup rapih dan mudah untuk interaksi grafis antara pengguna dengan komputer. Sehingga kamu tidak perlu membaca tutorial atau buku-buku untuk menjalankan program ini dengan baik. So, kamu akan mendapatkan kemudahan menggunakan Paint.NET ini karena tekad para developernya yang memang berfokus pada kemudahan pengguna.

Bagi pemula, aplikasi ini sangar cocok karena sudah memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sebuah editor foto dan pastinya mudah digunakan, cepat dan responsif. Beberapa fitur dasar yang Paint.NET punya adalah memutar, crop, mencerahkan, mengubah kolase, membalik dan beberapa efek dasar lainnya yang kita butuhkan. Di tangan seorang yang kreatif aplikasi ini mampu menghasilkan foto dengan gambar yang sangat menakjubkan.


Kelebihan Paint.NET

  1. Kapasitas rendah, sangat cocok untuk pc dengan memori rendah.
  2. Kinerja handal, cepat dan responsif.
  3. Menu yang tersedia lebih lebih banyak dan tool editing-nya lebih bervariatif.
  4. User interface simple dan inovatif.
  5. Warna yang halus, bagus dan menyatu.
  6. Terlihat nyata (Tergantung kreatifitas pengguna).
  7. Bisa disimpan dengan format PSD sehingga bisa diedit lewat Photoshop.
  8. Bisa dipakai di windows Microsoft Windows 98 , Me , 2000 , XP , Vista , 7 , 8 , 8.1 dan 10.

Kekurangan Pain.NET

  1. Tidak bisa memberikan pattern, background, teks atau pengeditan lain yang seperti ada di photoshop.

4. PixBuilder Studio

Kumpulan software edit photo

Aplikasi ini juga layak untuk dijadikan editor foto gratis kamu guys. Selain mudah juga fitur-fitur yang ditawarkan lumayan lengkap. Bagi kamu yang suka memanipulasi hasil jepretan foto, PixBuilder Studio ini bisa kamu andalkan berkat dukungan image layernya.

PixBuilder Studio berfokus kuat pada objek solid dan fitur yang praktis. Tidak seperti editor yang lain, di aplikasi ini kamu mendapatkan fitur-fitur praktis yang masuk akal seperti resize dan rotate, crop, koreksi warna, ketajaman filter blur dan beberapa fitur untuk cetak ke printer.

Aplikasi Pixbuilder sangat cocok untuk digunakan sebagai media belajar karena didalamnya terdapat fitur editing dasar yang dapat dengan mudah kita operasikan.

Bagi kamu yang mempunya foto dengan pencahayaan yang tidak sempurna kamu bisa manfaatkan aplikasiini untuk mengatur kontras terang gelapnya foto. Juga aplikasi ini mempunyai fitur manipulasi dengan beberapa level fitur manipulasi yang bisa kamu aplikasikan pada sebuah foto.



Kelebihan PixBuilder Studio:


  1. Loading cepat dan stabil untuk gambar dengan resolusi tinggi berkat ukurannya yg kecil.
  2. Salah edit? Tak perlu khawatir, karena aplikasi editor foto ini punya multi undo (history)
  3. Dapat membuka file *.psd format file Photoshop, lengkap dengan layer-layernya.
  4. Memiliki efek dengan kualitas tinggi : berbagai tipe blur, dithering, sharpen dll.
  5. Support color channel mode.
  6. Mendukung editing layer.

Kekurangan PixBuilder Studio:


  1. Dibandingkan GIMP, masih banyakan fitur di GIMP.

5. PhotoScape

Cara menggunakan photoscape

Aplikasi editor foto gratis berikutnya adalah PhotoScape, sebuah perangkat lunak editor citra yang dikembangkan oleh MOOII Tech, Korea. Muncul dengan tampilan yang cukup user friendly, sehingga memudahkanmu untuk menggunakannya. Aplikasi ini sangat cocol bagi kamu yang baru mengenal design foto karena tidak mendukung fitur layer images. PhotoScape membantu kamu dalam memanipulasi foto hanya dengan drag dan drop berkat adanya ratusan gambar clip art yang tersedia.

Dengan adanaya ratusan gambar clip art tersebut kamu bisa membuat animasi GIF, menambahkan speech bubbles ke gambar dan menerapkan beberapa efek khusus.

Terdapat beberapa fitur khusus di apkikasi ini seperti: viewer, editor, animasi GIF, splitter, face search, color picker, RAW converter (convert RAW ke ke JPG) dan beberap fitur lain yang sangat berguna untuk mengedit foto/gambar kamu.


Kelebihan Photoscape:

  1. Berlisensi freeware (gratis dan siapa saja bebas menggunakan).
  2. Memudahkan pemula mengedit foto dengan simple.
  3. Fitur screen capture untuk printscreen yang lebih mudah.

Kelemahan Photoscape:

  1. Hanya terbatas pada sistem operasi Windows.
  2. Berkemampuan terbatas.
  3. Tidak direkomendasikan untuk mengedit gambar, tapi lumayan untuk foto.

6. Photobie

 Aplikasi Edit Foto Di Komputer dan PC

Aplikasi editor foto yang satu ini menawarkan beberapa fitur yang tidak kalah dengan aplikasi editor foto berbayar. Yang menjadikan Photobie menjadi pilihan alternatif dari aplikasi editing foto lain adalah karena penggunaanya yang sangat mudah dan kemampuan memanipulasi foto yang cukup bagus.

Banyak tool/alat yang bisa kamu dapatkan di Photobie, seperti alat screen capture canggih, alat untuk menambahkan bingkai foto dan alat animasi GIF yang paling sederhana. Photobie juga mendukung plugin filter Photoshop (.8BF), yang berarti bahwa pengguna dapat menerapkan ribuan filter gratis ke gambar mereka.


Kelebihan Photobie:

  1. Mendukung pengeditan multi-layer
  2. Mendukung pengambilan layar
  3. Antarmuka efek yang transparan

Kekurangan Photobie:

  1. Fitur yang belum terlalu banyak
  2. Tidak nyaman untuk digunakan
  3. Kurva pembelajaran yang kurang

7. Chasys Draw IES

Kelebihan editor foto Chasys Draw IES

Aplikasi ini tergolong powerful dengan beberap fiturnya yang cukup lengkap. Kalau komputer kamu punya plugin-plugin Photoshop kamu bisa gabungkan dengan aplikasi ini, mudah bukan?

Chasys Draw IES termasuk aplikasi editor grafis raster berbasis layer dengan animasi, mendukung icon vista-style dan resolusi super via image stacking dan mempunyai kecepatan dalam menampilkan sebuah gambar.

Beberapa Fitur penting yang ditawarkan Chasys Draw IES antara lain: paint dan drawing tools yang mempunyai cakupan luas, dukungan plugin Photoshop dengan banyak efek khusus, dukungan layer yang kuat, penyesuaian warna dan pencahayaan, dan banyak lagi.


Kelebihan Chasys Draw IES

  1. Bisa edit foto dan video, juga animasi.
  2. Mengubah foto mentah menjadi format file gambar.
  3. Adanya grafis raster berbasis layer.
  4. Kecepatan menampilkan foto dan gambar.

Kekurangan Chasys Draw IES

  1. Terbatasnya Efek pengeditan video.
  2. Pengaturan render terbatas.
  3. Tidak mendukung pengeditan musik.
  4. Antarmuka yang udah jadul dan ketinggalan jaman.

8. InPixio

InPixio Edit Foto

Bagi kamu yang menginginkan editor foto yang mudah dan gampang dinavigasi juga menyenangkan untuk digunakan, maka InPixio cocok banget untuk kamu guys! Percayalah, kalau aplikasi yang satu ini memiliki kemudahan dinavigasi, mudah digunakan, dan mudah dipahami - jadi benar-benar sangat rekomendasi bagi kamu yang suka kesimpelan.

Ada tampilan yang berguna sebelum dan sesudah jadinya sebuah foto, untuk memungkinkan kamu melihat perubahan foto dengan lebih jelas, serta kemampuan yang mulus untuk menerapkan suntingan yang sama dari satu foto ke foto lainnya.


Kelebihan InPixio:

  1. Kemudahan dalam navigasi.
  2. Mempunyai fitur before and after view (tampilan sebelum dan sesudah pengeditan).
  3. Kemampuan untuk menerapkan suntingan yang sama dari satu foto ke foto lainnya.

Kekurangan InPixio:

  1. Kamu kudu bayar jika menginginkan tool yang lebih canggih lagi.

9. Photoshop Express

Photoshop Express bagus untuk mengedit foto kamu guys

Yah, kali ini aplikasi resmi dari Photoshop, tapi bukan yang versi bayar ya gusy! Namanya aja Photoshop Express bukan Adobe Photosop. Lumayanlah, aplikasi ini bisa dibutuhkan untuk ngedit-ngedit foto sedikit ketika kamu lagi bepergian misalnya dan menginginkan edit foto secara express dan cepat, maka ini pilihannya.

Banyak fitur terbaik yang tersedia di aplikasi ini dan kamu bisa mendapatakannya secara free guys. Tentulah aplikasi ini bukan yang sangat luar biasa bukan juga biasa banget, tapi ya lumayanlah. Tersedia di Windows Store, Google Play dan App Store.

Yang membuatnya terlihat oke untuk dipakai adalah karena Photoshop Express pintar dalam mengemas tool-tool terbaik Adobe menjadi antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Dan kekurangannya ada pada ketidak komprehensifan aplikasi karena bukan seperti kakaknya Adobe Photoshop. Kamupun ga akan bisa nambahin plugin di aplikasi ini dan ga ada pilihan untuk memotong foto kamu. Namun, ia hadir dengan apa yang kamu butuhkan secara sederhana untuk meningkatkan gambar dan menaruhnya di facebook kamu secara cepat dengan hanya beberapa ketukan cepat jari kamu.


Kelebihan Photoshop Express:

  1. Beragam fitur yang tersedia.
  2. Antarmuka yang sangat simple dan sederhana, sehingga mudah digunakan.

Kekurangan Photoshop Express:

  1. Fitur yang tersedia ga terlalu lengkap untuk pengeditan foto.

10. Photo Pos Pro

 Photo Pos Pro APLIKASI EDIT FOTO PC TERBAIK

Photo Pos Pro adalah pilihan bagus untuk pemula maupun yang sudah expert. Dan mungkin aplikasi ini tidak seterkenal GIMP, Fotor ataupun yang lainnya, tapi siapa sangka Photo Pos Pro telah mendapat tempat sebagai salah satu aplikasi pengedit foto gratis terbaik untuk 2019 ini!

Photo Pos Pro adalah pilihan bagus untuk pemula dan editor foto ahli, menawarkan pilihan antara dua antarmuka. Antarmuka Novice mencakup alat pengeditan dasar, tanpa repot. Sementara antarmuka ahli memiliki berbagai fitur pengeditan lanjutan, seperti lapisan. Photo Pos Pro mungkin agal lambat untuk memulai tapi akan berfungsi baik ketika kamu akan mengedit.

Satu-satunya kelemahan Photo Pos Pro adalah foto kamu hanya bisa disimpan pada resolusi maksimum 1.024 x 2.014 piksel, yang mungkin terlalu kecil jika kamu berencana untuk mencetak foto dan membingkainya secara profesional. Untuk opsi ukuran lebih lanjut, kamu meningkatkannya ke Photos Pos Pro Premium.


Kelebihan Photo Pos Pro:

  1. Terdapat Mode pemula dan ahli.
  2. Antarmuka pengguna yang ramping dan friendly.
  3. Beragam filter foto.

Kekurangan Photo Pos Pro:

  1. Sedikit lambat saat start-up
  2. Pilihan resolusi foto terbatas pada 1.024 x 2.014 piksel.

Kesimpulan

Pintar-pintarlah dalam memilih editor foto gratis di atas ya guys. Sesuaikan dengan spek pc kamu dan kebutuhan yang paling cocok untuk dirimu. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "√ Editor Foto Gratis dan Terbaik Untuk PC, Komputer dan Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel