Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer atau Laptop [Semua Windows]

Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer 7 8 10

Cara mengaktifkan speaker di komputer

Blogdet - Sebagai perangkat laptop atau komputer yang sering digunakan, speaker sudah menjadi hal wajib untuk ada dan bisa digunakan bagi penggunanya seperti saya ini.

Apalagi bagi kamu yang suka mendengarkan audio atau sekedar menonton di komputer, maka ini sudah menjadi hal yang sangat wajib dan tidak boleh alpa.

Tapi hal ini kadang ada aja masalah yang harus kita terima sebagai pengguna laptop dan komputer, yaitu speaker di komputernya mengalami masalah yang cukup serius, sehingga kamu pun tidak lagi bisa mendengarkan suara dengan nyaman.

Tahukah kamu, biasanya masalah tersebut terjadi karena ada driver audio laptop / komputer kamu yang tidak tersedia atau mengalami error alias bug.

Untuk mengaktifkannya kembali kamu kudu lakuin perbaikan driver yang error tersebut, bisa dengan update driver atau melakukan reinstall. Agar lebih jelasnya kita ulas pembahasannya berikut


1. Cara Mengaktifkan Speaker Melalui Device Manager

Dengan bantuan device manager yang ada di komputer atau laptop, kamu bisa dengan mudah melihat semua driver dari perangkat keras yang terinstall di komputer tersebut.

Termasuk driver dari speaker itu sendiri, dengan begitu kamu akan terbantukan untuk bisa mengaktifkan speaker laptopnya melalui driver tersebut.

Apa yang kamu harus lakukan agar speaker di komputer kamu aktif kembali? (Melalui Device Manager)

Yuk, simak lanjutannya:

  1. Klik kanan menu start dan pilih device manager, atau bisa gunakan di fitur pencarian windows kamu dan klik aja device manager.
  2. Jika sudah kamu buka, silakan pilih menu view terlebih dahulu. Setelah itu pilih show hidden device
  3. Kembali lagi ke device manager dan klik 2 kali pada Beep
  4. Maka akan terbuka jendela Beep Properties, selanjutnya teka tab driver
  5. Dan kamu bisa mengaktifkan speaker dengan menekan tombol Start. untuk lebih mastiin speaker di laptop kamu selalu hidup, kamu bisa pilih opsi System tepat di bawah Startup


2. Install Realtek Audio Driver

Bagi kamu yang masih mengalami masalah pada speaker komputer maupun laptop, kamu opsi lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan install driver tambahan yaitu Realtek Audio Driver.

Tahukah kamu? Driver ini juga bisa membantu kamu untuk mengatur volume maupun suara dari speaker tersebut, seperti membesarkan suara, menambahkan efek dan fungsi-fungsi lainnya.

Cara mengaktifkan speaker di komputer melalui Realtek Audio Driver ini adalah sebagai berikut:

  1. Cari terlebih dahulu Realtek Audio Driver di google. Selalu pastikan kamu mendownload yang benar dan sesuai dengan jumlah bit di komputer atau laptop kamu.
  2. Lakukan penginstalan setelah kamu mendownloadnya. Caranya mudah, sama seperti penginstalan software pada umumnya. Tekan next next sampai finish dan selesai.
  3. Setelah penginstalan berjalan lancar dan selesai, maka biasanya kamu diminta melakukan restart komputer tersebut. Tapi untuk sementara waktu abaikan dulu aja.
  4. Saat ini, kamu bisa buka file Realtek Audio Driver yang telah di install tadi. Cari di folder C:>Program Files > Realtek > Audio > HDA
  5. Cari file RAVCpl64 pada folder tersebut dan sesuaikanlah angka terakhir dengan bit komputer kamu.
  6. Tekan icon folder pada bagian kanan atas
  7. Pada bagian disable front panel jack detection centang kontak pada bagian kanannya dan tekan OK.
  8. Selesai. Speaker di komputer dan laptop kamu telah aktif dan bisa langsung digunakan


3. Reinstall Audio Driver

Kamu juga boleh menggunakan opsi ini untuk mengaktifkan speaker di komputer. Agar lebih mudahnya, simak penjelasannya sebagai berikut:

  1. Buka device manager, caranya sama seperti di atas tadi
  2. Klik kanan dan pilih uninstall pada bagian Sound, video and game controller
  3. Jika sudah kamu bisa restart laptop atau komputer kamu. Proses restart inilah yang akan menjadikan laptop atau komputer kamu melakukan reinstall audio driver tadi secara otomatis.

Harapannya dengan artikel ini kamu sudah bisa mengetahui tentang cara mengaktifkan speaker di komputer kamu dengan benar dan baik. 

Jika ada pertanyaan bisa kamu ajukan di kolom komentar bawah ya!

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Speaker di Komputer atau Laptop [Semua Windows]"