Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Laptop ASUS dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop ASUS dengan Keyboard
Cara Mematikan Laptop ASUS dengan Keyboard

Cara mematikan laptop ASUS dengan keyboard | Kalau mau di hitung, ada lumayan banyak masalah yang muncul pada laptop ASUS kita maupun jenis laptop lain. Mulai yang ringan sampai berat. 

Seperti masalah sistem error dan cursor yang suka ga berfungsi. Ini lah yang kadang sering terjadi pada laptop Windows kita. 

Kalau sudah seperti itu, kadang kita memakai cara mematikan laptop kita langsung agar masalah selesai. Tapi ketika mau mematikannya pun kita ga bisa, karena cursornya udah gak bergerak sama sekali! Gubrak... Mau ga mau kita matikan dengan tombol power langsung. 

Tahukah kamu bahwa cara kamu mematikan laptop Windows kamu secara langsung adalah solusi yang kurang tepat dilakukan alias salah. Kenapa? Karena kebiasaan menekan tombol power untuk mematikan laptop akan menyebabkan hard disk dan komponen lainnya cepat rusak! 

Maka solusinya adalah kamu gunakan keyboard, karena biasanya dalam kondisi demikian keyboard laptop masih aktif. Inilah alternatif aman dan benar yang bisa dan harus kamu lakukan agar laptop kamu juga ga cepat rusak. 😉

Cara Mematikan Laptop ASUS dengan Keyboard

Cara ini tidaklah sulit untuk kamu lakukan, karena cara ini cukup mudah untuk semua model laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Baik Windows 10, 8, 7 maupun XP. 

Keempat Windows tersebut mendukung cara ini. Yang pastinya apapun merk laptop anda juga pastinya bisa, selama pakai Windows ya.

Btw, selain berguna untuk memaksa mati laptop ASUS kita yang lagi error, kita juga akan dapat keuntungan seperti: Proses shutdown menjadi lebih cepat. Tentunya tanpa menggunakan touchpad maupun mouse. Ga pake ribet, karena siapa pun bisa ngelakuin. 

Nah, cara mematikan laptop ASUS dengan keyboard ini beda-beda, sesuai selera kamu aja ya. Tinggal pilih mana nanti yang enak dan nyaman digunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, cekidot. 

1. Melalui Tombol ALT + F4 

1. Melalui Tombol ALT + F4

Cara paling umum buat matiin laptop menggunakan keyboard adalah menggunakan tombol ALT + F4. 

Mudah aja caranya: 
  1. Tinggal kamu pencet tombol ALT + F4
  2. Akan muncul jendela baru setelah itu, atur pengaturannya ke shutdown (menggunakan tanda panah pada keyboard). 
  3. Tekan Enter
  4. Laptop pun mati. 
Selain pilihan shutdown, kamu pun akan mendapati pilihan lain seperti sleep & restart. Jadi sesuaikan saja dengan pilihan kamu ya, butuhnya apa tinggal pilih aja. 😁
Catatan: 
Dari pengalaman-pengalaman saya, cara ini bisa kamu lakukan di semua jenis Windows. Mulai dari Windows XP sampai Windows 10. Jika cara ini tidak bekerja, stay calm; karena masih ada cara lain sebagai alternatif nya.😀

Baca juga:  Panduan LENGKAP Cara Mereset Laptop ASUS

2. Melalui Tombol CRTL + ALT + DEL 

Menggunakan tombol ctrl + del +alt

Sebagaimana yang kita jelaskan sebelumnya, jika kamu masih belum bisa menggunakan cara pertama. Mungkin cara kedua ini bisa dan akan work di laptop kamu. 

Ini mungkin salah satu cara yang udah paling di kenal sama pengguna laptop dan komputer pastinya. Udah ga asing lagi mereka akan menggunakan tombol CRTL + ALT + DEL untuk mematikan laptop mereka. 

Caranya pun cukup mudah: 
  1. Langsung tekan aja tombol CRTL + ALT + DEL secara bersamaan. 
  2. Muncul jendela baru. 
  3. Arahkan ke tombol Shutdown menggunakan tombol tanda panah pada keyboard. 
  4. Klik Enter
  5. Laptop pun mati. Selesai

3. Melalui CMD dengan Keyboard

Melalui CMD dengan Keyboard

Dengan beragam kode yang ada, ada banyak hal yang bisa kamu lakuin dengan CMD ini. Salah satunya adalah mematikan paksa laptop kamu. Karena CMD ini adalah sebuah terminal yang bisa kamu masukkan perintah-perintah Windows, salah satunya adalah mematikan Windows itu sendiri. 

Berikut Langkah yang bisa kamu lakukan melalui CMD ini: 
  1. Klik tombol Windows + R, dan ketikkan CMD
  2. Tekan OK
  3. Ketikkan shutdown.exe-s dan klik Enter
  4. Secara otomatis Windows akan mengonfirmasi terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar ingin mematikannya. 

 4. Khusus Pengguna Windows XP

Pengguna Windows XP

Ga bisa diungkiri, masih banyak di antara kita yang masih menggunakan Windows XP sebagai system operasinya. Tapi penyakit yang kadang tak terelakkan lagi terjadi juga di Windows ini, yaitu laptop atau computer kita lagi hang dan error; yang mengakibatkan kita harus mematikannya. 

Untuk Windows yang satu ini, kamu bisa gunakan cara-cara berikut: 
  1. Tekan tombol Windows
  2. Tekan tombol U, lalu tekan lagi tombol U nya! 
  3. Silakan tunggu sebentar, maka laptop kamu akan mati. 
Atau bisa juga kamu gunakan tombol ALT + F4 dan dilanjutkan dengan menekan tombol U. Otomatis laptop akan mati. Cara ini bisa kamu coba di laptop ASUS kamu yang menggunakan Windows XP SP2 maupun Windows XP SP3. 

Laptop Tidak Bisa Mati? 

Keempat Langkah-langkah di atas seharusnya sudah bisa work di laptop kamu yang sedang mengalami error system. Namun, kadang juga car aini masih belum work juga alias gagal! 

Maka, kamu juga harus perlu tahu masih ada banyak hal yang menyebabkan ini terjadi, seperti: 
  • Adanya virus, mungkin udah ternak banyak 😆
  • Registry corrupt. 
  • Kerusakan pada komponen laptop. 
  • File Windows corrupt 
  • Dan lain sebainya. 
Untuk hal ini kamu bisa baca di halaman berikut: mengapa laptop tidak bisa dimatikan? 

Begitulah ulasan kami tentang cara mematikan laptop ASUS dengan keyboard. Seperti biasa, cara ini juga berlaku untuk laptop lain maupun komputer kamu. Silakan kamu mencoba dengan cara yang menurut kamu paling mudah dan simple. Mungkin bisa gunakan CMD atau menggunakan tombol yang udah masyhur yaitu Ctrl + ALT + Del. Semoga laptop kamu semakin terjaga dan selalu aman, semoga bermanfaat.
Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Laptop ASUS dengan Keyboard"