Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[LENGKAP!] Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop Windows 10

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop Windows 10

Cara mengaktifkan keyboard laptop | Rasanya udah ga karuan deh kalau keyboard yang ada di laptop kamu menjadi error alias ga bisa dipakai, gimana tidak? Padahal di hari itu ada pekerjaan penting dan deadline yang harus dikerjakan saat itu juga. 

Panik boleh donk kalau udah kayak gini. Sehingga kamu pun mau ga mau kamu akan tanya ke teman, atau pergi ke tukang service atau yang terakhir kepoin mbah google tentang cara menghidupkan keyboard laptop kamu. 

Memang, hal ini acapkali dialami oleh banyak pengguna laptop merk apapun. Dan perlu diketahui masalah ini tidak selamanya terjadi karena kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop kamu, bisa jadi hal ini terjadi karena keyboard laptop kamu hanya terkunci saja. 

Nah, untuk cara mengaktifkan keyboard laptop yang terkunci windows 10 akan saya akan bahas secara tuntas dan gamblang pada postingan blog kali ini. Yuk, cekidot: 

Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop

Seperti yang saya singgung sebelumnya. Bisa jadi yang terjadi sesungguhnya pada keyboard laptop kamu hanya karena keyboardnya terkunci saja, bukan karena sebab lain. Hal ini terjadi karena beberapa sebab berikut ini: 
  • Adanya driver yang error. 
  • Laptop terserang virus. 
  • Adanya error karena sistem update (biasanya belum stabil).
  • Karena fitur Ease of Access. 
  • Pengaturan yang tidak sengaja pernah berubah. 
Setelah kamu mengetahui kemungkinan sebab-sebabnya. Maka sekarang kita bahas tentang solusinya; bagaimana cara mengaktifkan keyboard di laptop kamu. 

Secara garis besar ada tujuh cara berbeda yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal tersebut Berikut garis besarnya: 
  1. Merestart Laptop. 
  2. Buka kunci keyboard. 
  3. Melakukan pengaturan pada BIOS. 
  4. Mematikan filter keys.
  5. Meng update driver keyboard. 
  6. Ganti keyboard laptop. 
  7. Bawa ke tukang service. 

1. Merestart Laptop 

Sebagai langkah awal, kamu bisa coba atasi permasalahan ini dengan memulai ulang laptop kamu dengan merestartnya. Hal ini kita lakukan karena kemungkinan ada masalah pada bagian driver laptopnya, sehingga ketika di restart maka akan mengupdate driver yang kompatibel secara otomatis.

Oh iya, merestart laptop juga bisa kamu lakukan kalau kamu mendapatkan bug atau hang pada laptop. Karena biasanya segala permasalahan yang ada kaitannya dengan kesalahan sistem yang ga berjalan dengan lancar dan baik biasanya akan kembali lancar kalau sudah di restart ulang. 

Termasuk cara nyalain keyboard laptop kamu yang rusak, kamu bisa lakukan restart laptop juga. Mudah bukan?! 

2. Buka Kunci Keyboard 

Cara setelahnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka kunci keyboard laptop kamu. 

Agar kunci keyboard laptop kamu terbuka, kamu kudu melakukannya dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard laptop. 

Berikut beberapa tombol kunci keyboard laptop yang bisa kamu lakukan sesuai dengan merk laptop masing: 
  1. Laptop Samsung: Fn + F11 
  2. Laptop HP Pavilion: Ctrl + Printscr 
  3. Laptop HP: Fn + F8 
  4. Laptop Lenovo: Fn+Num Lock 
  5. Laptop Toshiba: Fn + F11
  6. Laptop ASUS: Fn + Num Lock 
  7. Laptop Dell: Fn + F4 
  8. Laptop Acer: Fn + F11 
  9. Laptop Sony: Fn + Num Lock

Silakan kamu coba terlebih dahulu tombol-tombol di atas sesuai dengan laptop yang kamu gunakan. Jika masih belum bisa, kamu bisa mencarinya di google tombol unlock keyboard sesuai dengan merk laptop kamu masing-masing. 

3. Melakukan Pengaturan pada BIOS 

Jika kamu masih belum bisa menggunakan cara pertama dan kedua, maka coba gunakan cara yang ke tiga ini. Dengan melakukan sedikit pengaturan pada BIOS laptop kamu, semoga keyboard laptop kamu bisa aktif kembali seperti semula. 

Jangan lupa siapkan terlebih dahulu keyboard eksternalnya jika kamu mau melakukan cara ini. Jika sudah ada baru boleh lanjutkan. 
  1. Berikut langkah-langkahnya: 
  2. Hidupkan laptop. 
  3. Buka BIOS pada saat booting. 
  4. Cara buka BIOS laptop yaitu dengan cara menekan tombolnya (Biasanya ada di bagian F1 sampai F12, tergantung dari laptop masing-masing) 
  5. Cari pengaturan keyboard di BIOS kamu. 
  6. Pilih bagian “Restore to Default Settings” 
  7. Selesai. Silakan simpan pengaturannya dan keluar dari BIOS. 
Catatan: Jika di laptop kamu tidak ditemukan pengaturan keyboard pada BIOS, menandakan memang laptop kamu tidak menyediakan menu pengaturan keyboard di BIOSnya! Jalan keluarnya adalah menggunakan cara lainnya yang ada di postingan kali ini. 

4. Mematikan Filter Keys atau Ease of Acces

Ketika kamu mendapatkan seluruh tombol keyboard laptopnya tidak berfungsi, maka ada kemungkinan fitur filter keys laptopnya telah diaktifkan. Bisa jadi sebelumnya kamu pernah mengaktifkannya tanpa sengaja, atau mungkin orang lain yang pernah menggunakan laptop kamu. 

Oleh karena itu, agar kamu bisa mengaktifkan keyboard laptopnya, kamu kudu mematikan terlebih dahulu fitur Filter Keys dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini: 
  1. Buka Control Panel
  2. Ubah “View by” menjadi “Category” lalu pilih “Ease of Access”. 
  3. Pilih “Ease of Access Center”. 
  4. Pilih pada bagian “Make the keyboard easier to use”, lalu cari “Set up Filter Keys”.
  5. Pastikan kamu tidak mencentang “Turn on Filter Keys” dan “Turn on Filter Keys when right SHIFT is pressed for 8 seconds” di halaman Set up Filter Keys. 
  6. Klik Apply dan Ok. Selesai. 
Kalau Filter Keys sudah mati, laptop boleh kamu restart kembali dan coba lakukan pengetesan pada keyboard kamu. Apakah sudah berfungsi atau belum? Jika berfungsi normal maka bisa dipastikan penyebab keyboard kamu terkunci adalah karena Filter Keys yang terletak pada Ease of Access. 

Btw, sebetulnya yang kamu lakukan adalah menghilangkan centang pada Turn on Filter keys saja. Sedangkan untuk Turn on Filter Keys when right SHIFT is pressed for 8 seconds boleh saja kamu biarkan karena itu hanya untuk mematikan shortcut Filter Keys. 

Kamu juga bisa menggunakan cara lainnya yang serupa yaitu dengan mematikan Ease of Access, dengan cara-cara berikut ini: 
  1. Masih di Control Panel 
  2. Pilih bagian Ease of Access 
  3. Klik di Ease of Access Center 
  4. Pada bagian checkbox, hilangkan semua tanda centangnya. 
  5. Restart laptop jika sudah selesai. 

5. Mengupdate Driver Keyboard 

Untuk cara ini biasanya sering saya lakukan untuk mengatasi keyboard yang tidak aktif. Karena dengan hanya mengupdate drivernya, hal ini bisa langsung teratasi dengan baik dan bisa berjalan dengan normal lagi. 

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut: 
  1. Cari “Device Manager” di menu start. Dengan cara mengetiknya secara manual. 
  2. Pilih “Keyboards” dan klik kanan pada driver keyboard. 
  3. Pilih “Update driver”. 
  4. Pilih bagian “Search automatically for update driver software”. Pastikan laptop kamu terhubung ke internet jika mau menggunakannya. 
  5. Silakan tunggu sampai proses update selesai. 
  6. Restart laptop jika sudah selesai. 
Jika laptop telah menyala kembali setelah di restart, kamu bisa langsung melakukan pengetesan pada keyboard laptopnya. 

Sebenarnya, masih ada cara lain dari mengupdate driver ini. Yaitu menguninstall driver keyboardnya. Dengan cara ini maka seluruh driver keyboard beserta konfigurasinya akan terhapus. Setelah semuanya terhapus, silakan restart kembali laptop kamu maka driver pun akan kembali di install ulang secara otomatis dan bisa digunakan kembali secara normal. 

6. Ganti keyboard Laptop 

Tahukah kamu? Adakalanya penyebab keyboard tidak berfungsi dengan baik adalah di keyboard itu sendiri. Maka cara yang kudu kamu lakukan adalah menggantinya dengan keyboard baru atau bisa menggunakan keyboard eksternal. 

Kamu bisa mencarinya di tempat penjualan laptop dan komputer di tempat-tempat kamu atau bisa mencarinya langsung di internet terutama di marketplace-marketplace indonesia. Bisa juga langsung mendatangi tukang-tukang service laptop. 

7. Bawa ke Tukang Service 

Jika kamu sudah melakukan cara-cara di atas dan belum ada yang work juga, mungkin solusi terakhirnya adalah dengan membawanya ke tempat service laptop dan komputer

Tidak salah jika kamu membawanya ke tukang service terdekat. Karena semua cara mengaktifkan keyboard di atas sudah tidak ada yang work lagi, maka kemungkinan besar laptop kamu sudah harus di ganti atau sudah rusak. 

Setelah kamu mengetahui tentang 7 cara mengaktifkan keyboard laptop windows 10 di atas. Kami juga akan mengulas singkat tentang pembahasan lainnya yang masih berkaitan dengan keyboard laptop.

Beberapa Masalah Keyboard dan Solusinya 

Bagaimana jika Keyboard Laptop tidak Berfungsi? Inilah solusi bagi kamu yang bertanya bagaimana jika keyboard laptop tidak berfungsi? Jika Keyboard laptop kamu mengalami hal demikian, maka hal ini bisa jadi disebabkan ada masalah pada softwarenya atau juga pada driver yang terinstal di laptop kamu. 

Cara memperbaikinya bisa dengan merestart laptop kamu. Karena biasanya keyboard akan kembali normal kembali jika sudah di restart ulang. 

Jika keyboard masih juga bermasalah setelah melakukan restart ulang. Kamu bisa mencoba masuk ke dalam Safe Mode. Karena Salah satu ciri-ciri keyboard laptop yang bener-bener rusak adalah tidak bisa masuk ke menu Safe Mode laptop. 

Cara Memunculkan Keyboard di Layar Laptop Windows 10 

Tidak jarang kamu juga mendapati masalah pada keyboard kamu, sehingga mencari cara bagaimana memunculkannya di layar windows 10 kamu. Yup, virtual keyboard ini jadi penting kalau sudah seperti ini keadaannya. Berikut tutorial lengkapnya bagi kamu pengguna windows. 

1. Pengguna Windows 10 

Untuk windows 10, caranya cukup cepat dan mudah. Karena kamu ga mau pake cara yang ribet dan lama kan.. hehe. Ketikkan saja “On-Screen Keyboard” di pencarian windows kamu, letaknya di gambar icon pencarian, samping logo windows. Maka virtual keyboard pun akan muncul, setelah itu tinggal klik “open”. Selesai!

2. Pengguna Windows 8 

Sedangkan bagi pengguna windows 8, untuk menampilkannya juga tinggal search saja dan ketikkan “On-Screen Keyboard” pada pencarian. Dan virtual keyboard pun akan muncul di layar windows 8 kamu. Selesai! 

3. Pengguna Windows 7 

Untuk cara menampilkan keyboard di layar laptop windows 7 pun masih mudah untuk kamu lakukan. Berikut caranya: 
  1. Jalankan RUN dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan. 
  2. Ketikkan OSK di bagian kolomnya! 
  3. Selesai. Secara otomatis keyboard virtual pun akan muncul. 

Kenapa Keyboard Komputer tiba tiba tidak Berfungsi? 

Karena seringnya keyboard rusak kita pun sering bertanya demikian bukan? Kenapa dan kenapa…

Banyak hal yang menjadi biang keladinya hehe, Munkin di antara penyebabnya, kamu pun pernah melakukannya sehingga keyboard jadi tidak berfungsi lagi deh hehe. Berikut di antaranya: 
  1. Menekan tombol terlalu kuat. 
  2. Pernah terkena makanan atau minuman. 
  3. Terkena debu yang berlebihan atau benda asing.
  4. Sering naruh benda pas di atas keyboard langsung. 
  5. Laptop pernah terjatuh sehingga ngefek ke komponennya dan menjadi rusak. 
  6. Ada masalah pada mainboard. Karena mainboard merupakan jalur utama dalam menghubungkan komponen-komponen pada laptop atau komputer. Dengan Tanpa adanya mainboard, otomatis fungsi-fungsi komponen lain akan terganggu; di antaranya adalah keyboard. 

Penutup: 

Semoga artikel cara mengaktifkan keyboard laptop kali ini bisa mencerahkan kamu dalam menyelesaikan permasalahan keyboard yang tidak aktif. Juga pembahasan tambahan lain yang masih berkaitan dengan keyboard laptop. 

Jika dirasa masih ada yang belum paham bisa komen di bawah ya. Jangan lupa untuk selalu menjaga dengan baik laptop yang kamu miliki agar umurnya bisa lumayan panjang. Tentunya di imbangi dengan perawatan yang baik dan benar juga! 

Karena salah satu ciri laptop yang awet dan tahan lama adalah bagaimana cara kamu memperlakukan laptop itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "[LENGKAP!] Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop Windows 10"