Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[TERBUKTI] √ Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS Yang Suaranya Pecah

Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS Yang Suaranya Pecah
Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS Yang Suaranya Pecah 
Cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya pecah | Bagi kamu pengguna laptop kadang mengalami kendala adanya kerusakan pada speakernya. Sehingga suara yang keluar pun jadi tidak bagus lagi untuk di dengar. 

Cara memperbaiki speaker laptop kresek Windows 10 pun sebenarnya mudah saja untuk kamu lakukan. Bisa dengan membersihkan speaker internal yang kotor, mengganti dengan yang baru ataupun melakukan pengaturan ulang. 

Tapi sebelum kamu harus mengganti dengan speaker baru. Bagusnya kamu memperbaikinya terlebih dahulu, karena siapa tahu memang benda tersebut bisa diperbaiki lagi tanpa perlu lem biru (lempar beli baru) terlebih dahulu. 


Kendala ini banyak terjadi di banyak laptop. Tidak hanya laptop ASUS saja, melainkan laptop lainnya pun pernah mengalami hal yang serupa. Banyak kasus speaker laptop rusak karena akibat banyak faktor juga. Bisa karena kurang baik dalam penggunaannya, lingkungan kerja dia, penyetelan yang kurang pas dan tepat sampai pada perangkat yang sudah tidak layak pakai alias usang. 

Bagi kamu yang mencari cara memperbaiki speaker laptop Windows 10, maka kamu berada dalam pilihan yang tepat. Karena artikel blog kita kali ini akan membahas secara mendalam tentang panduan-panduannya. 

Sebelum kita membahas tentang, maka ada baiknya kita bahas tentang penyebab-penyebab apa saja yang membuat speaker laptop ASUS kamu menjadi pecah. Sehingga dengan ini kamu akan menjadi lebih awas dengan speaker laptop kamu. 

Berikut Penyebab Speaker Laptop kamu Menjadi Pecah: 

1. Pernah terkena benturan

Kalau laptop sudah pernah terjatuh atau pernah kena benturan keras, maka hal ini udah menjadi ciri ciri speaker laptop rusak atau tanda kalau laptop kamu akan mengalami kerusakan pada komponen-komponennya. 

Walaupun hal ini belum bisa dikatakan dengan pasti akan sebab kerusakan pada speaker laptop kamu. Apalagi kalau sudah memegang brand ASUS yang udah terkenal kualitas barangnya. Tapi bukan berarti hal itu tidak mungkin kan?! 

2. Menggunakan dengan volume tinggi 

Siapa kira ketika kita menggunakan volume laptop yang terlalu over itu bisa menjadi penyebab masalah gangguan pada speaker laptop itu sendiri. 

Tahukah kamu, bahwa ini menjadi penyebab yang sering kita temukan. Yaitu penggunaan yang berlebihan dan terlalu tinggi pada speaker, yang hal ini akan menyebabkan over capacity pada speaker tersebut. Alhasil, segala sesuatu kalau sudah over atau berlebihan akan menjadi tidak baik. 

3. Jarang dibersihkan

Perangkat laptop yang kamu miliki sejatinya kembali kepada penggunaan si pemilik. Kalau si pemilik rajin orangnya; maksudnya rajin bersin dan di jaga terus (kayak admin... wkwk) maka bisa dipastikan umur dan ketahanan laptop akan lebih awet dan tahan lama, dibandingkan dengan laptop yang minim perawatan dan penjagaan. 

Termasuk dalam masalah speaker ini. Maka mulai dari sekarang kamu kudu lebih sering lagi menjaga kebersihan laptop dari debu dan kotoran, sehingga komponen lainnya akan tetap terjaga lebih baik. 

Jika penyebabnya sudah kamu ketahui. Mari kita bahas selanjutnya tentang cara memperbaikinya. 


Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS yang Suaranya Pecah 

Jika laptop ASUS kamu memang benar-benar sudah mengalami kerusakan yang cukup fatal sehingga suaranya pun udah ga bersahabat lagi. Maka di sini kamu bisa baca artikel kami secara tuntas. Sehingga kamu bisa memperbaikinya sendiri atau bisa juga di bawa ke tukang service jika memang sudah mentok. 

Berikut panduan-panduan yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki speaker laptop yang rusak:

1. Matikan Pengaturan Suara Speaker 

Sebuah solusi pertama yang sederhana tapi terbukti ampuh. Yaitu cukup kamu matikan suara speaker yang pecah ini secara manual. Dan yang digunakan pun hanyalah tools bawaan yang disediakan OS laptop kamu. Kebetulan saya pengguna Windows 10. Tapi cara ini juga work ko untuk Windows lain!

Berikut cara simpel tersebut, untuk mengatasi suara laptop kresek kamu:
  1. Masuk ke desktop layar depan laptop. 
    Open Volume Mixer

  2. Klik kanan pada icon speaker dan pilih Open Volume Mixer
    pilih speaker

  3. Pilih Speakers 
  4. Jika sudah. Di bagian tab Levels > Pilih Balance, kemudian hilangkan volume pada speaker yang di anggap pecah. 
    cara memperbaiki speaker laptop Windows 10

  5. Akan muncul tingkatan volume dengan tanda L dan R. L (speaker kiri) & R (speaker kanan)
  6. Di pengaturan saya, saya memberikan nilai 0 pada speaker L (kiri). 
  7. Klik OK dan pengaturan pun selesai
Nah, setelah kamu melakukan cara memperbaiki speaker laptop yang pecah di atas maka seharusnya kamu sudah bisa merasakan adanya perbedaan suara yang keluar dari speaker laptop. 


Semoga dengan mempraktikkan cari ini, suara yang keluar akan menjadi lebih baik dan meminimalasir suara kemresek maupun pecah. 

Intinya di sini kamu cukup mematikan speaker laptop yang pecah aja. Karena dengan cara ini, sistem Windows akan mengatur suara yang keluar dari speaker yang masih normal saja. 

Oh ya, cara ini juga berlaku bagi kamu yang bertanya tentang cara memperbaiki speaker laptop kresek Windows 7 atau Windows lainnya. Semua Windows insya Allah work, baik di Windows 7, 8 dan 10.

2. Menggunakan Speaker Eksternal

Poin dua ini cocok bagi kamu yang mencari bagaimana cara mengatasi speaker laptop yang rusak, tetapi semua cara yang dilakukan sudah ga ada yang bisa. Karena dengan kamu menggunakan speaker eksternal dapat memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan suara dari perangkat luar laptop, bukan dari laptopnya langsung. 

Walaupun cara ini termasuk yang mudah kamu lakukan. Sayangnya, cara ini akan mengurangi fleksibilitas laptop sebab kamu harus menyalakan perangkat ini terlebih dahulu sebelum kamu menyambungkan nya ke laptop. 

Oh iya, jangan lupa pilih perangkat speaker yang cocok dan support dengan laptop yang kamu miliki. Kemudian colokan USBnya ke laptop, maka setelah itu biasanya sistem akan otomatis terinstal. Silakan di test terlebih dahulu untuk memastikan perangkat tersebut, jika terdapat masalah dan belum bisa kamu masih bisa menggunakan cara lainnya di postingan kali ini. 

3.Membawa ke Service Center 

Sebuah cara alternatif jika sudah buntu dan karena ini juga bisa membantu kamu bagi yang mencari cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya hilang. Juga pilihan yang tepat, karena denga ini merekalah orang yang paham dengan sistem yang ada pada perangkat laptop kamu. Cukup bawa laptop kamu ke tempat service resmi dan tunggu beberapa waktu sampai laptop benar-benar bisa digunakan kembali. 

Sebelum kamu membawanya ke tempat service center resminya. Siapkan juga biaya yang akan kamu keluarkan, terlebih lagi jika laptop kamu sudah tidak memiliki garansi alias telah habis. Karena biasanya jasa service mereka cukup mahal untuk dibayarkan. 

4. Mengganti Sendiri 

Sebuah cara yang cukup radikal untuk dilakukan… wkwk. Tapi it’s ok lah. Mau ke service center bayar mahal, tekad nekat pun muncul. Alhasil bukannya tambah bener malah tambah hancur... haha 

Cukup dan sudahi candaan ini ya kawan. Jika kamu memang paham tentang hardware laptop dan komputer maka cara ini adalah cara paling aman dan murah meriah. Jika tidak paham maka bisa diserahkan ke teman yang mampu atau bawakan ke tukang service biasa, karena jika terjadi kerusakan yang lebih parah akan sulit donk untuk memperbaikinya kembali. UUD kan lagi akhirnya (ungung-ujungnya duit hehe). 

FAQ:

1.Apa saja penyebab suara speaker laptop rusak dan pecah? 

Untuk pertanyaan ini kami rangkum di awal di awal-awal paragraf postingan ini. Hayo, scroll lagi ya kawan. 

2.Tips apa biar suara laptop ga pecah? 

Cukup mudah saja tipsnya. Gunakan volume yang sedang-sedang saja, jgn di pakai ngegas terus ya. Kemudian jangan terlalu sering lepas headset di laptop dan sering-sering bersihkan permukaan laptop jika kotor agar debu tidak masuk ke dalam komponen laptop. 

3. Cara membersihkan speaker laptop ASUS yang kotor

Untuk hal ini kamu mudah aja untuk melakukannya. Berikut caranya:
  • Gunakan kuas bulu atau yang halus (berbahan halus dan berujung lancip, agar bisa menjangkau bagian yang sulit dibersihkan tanpa kamu harus membuka kisi-kisinya).
  • Rutin membersihkan speaker dan berkala, karena kalau kotoran sudah tebal maka semakin sulit juga kita membersihkannya. Dan kalau kotoran sudah menumpuk maka akan mengganggu kualitas suara yang diharapkan.
  • Berhati-hatilah dalam membersihkan, jangan gegabah dan ceroboh.
  • Perhatikan juga bahannya! Jika terbuat dari kertas, sebaiknya jangan menggunakan air untuk membersihkannya. Dikarenakan kertas rentan sekali terhadap air. Walaupun di kata cuma sedikit, tapi lambat laun pasti bisa jebol donk kalau kena air.
  • Kalau kamu memungkinkan, cobalah gunakan hair dryer atau blower agar semua kotoran bisa terdorong keluar dari dalam speaker.
  • Jangan lupa boks subwoofer juga dibersihkan. Jika boksnya dilapisi vinyl, kamu bisa gunakan kain basah untuk menyeka noda-nodanya.

4. Bagaimana cara memilih eksternal yang bagus berkualitas? 

Silakan kamu pilih speaker eksternal yang bagus dengan harga terjangkau terlebih dahulu, sesuaikan dengan budgetnya ya! 

Kamu bisa memilih barang-barang tersebut di internet. Berikut ini rekomendasi yang bisa kamu pilih: 

Demikianlah pembahasan lengkap tentang cara memperbaiki speaker laptop ASUS yang suaranya pecah. 

Cara ini bisa kamu lakukan di laptop lainnya, bukan hanya ASUS saja. Semoga bisa memberikan pencerahan bagi kamu ya. Jika ada yang perlu ditanyakan maka silakan berkomentar di bawah. Terima kasih!

Posting Komentar untuk "[TERBUKTI] √ Cara Memperbaiki Speaker Laptop ASUS Yang Suaranya Pecah "