Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adapter wifi laptop hilang windows 10

 
Adapter wifi laptop hilang windows 10
Adapter wifi laptop hilang windows 10

Adapter wifi laptop hilang windows 10


Cara Mengatasi Driver Wifi Laptop Hilang di Windows 10

Blogdet | Bagaimana cara mengatasi driver wifi laptop hilang di windows 10? Tiba-tiba driver wifi laptop kamu hilang entah berantah padahal kamu sangat membutuhkan wifi… Hmm, kadang jadi bikin gak karuan pikiran ini. Tapi tenang, semua itu kamu masih bisa memperbaikinya secara mandiri tanpa kamu harus ke tukang service laptop.

Memperbaiki driver wifi laptop yang hilang

Di windows 10, kerap kali terjadi driver hilang secara tiba-tiba alias terhapus, hal ini biasanya terjadi setelah menginstall aplikasi tertentu, pemuatan sistem yang tidak sempurna bisa error atau malfungsi, proses update windows sampai penggunaan sistem operasi serta lisensi yang tidak original.

Sebuah langkah awal yang baik untuk mengatasi wifi Laptop kamu yang hilang mendadak adalah dengan mengecek keaktifan network adapternya, kamu bisa menemukannya di panel kendali network setting.

Bagaimana caranya? Silakan kunjungi control panel > network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter Setting > Klik kanan pada wi-fi network adapter > Enable.

Jika kamu mendapatkan wifi network adapternya tidak ada, maka berarti drivernya telah hilang dan terhapus, Kamu bisa  mecoba restart ulang laptopnya kemudian lihat kembali pada pengaturan tersebut setelah dilakukan restart tadi. Jika kamu masih mendapati belum ada, maka kamu bisa mengikuti langkah pemasangan driver wifi laptop hilang, dibawah ini.


1. Install dari driver Bawaan Atau tersimpan pada Sistem

Tentunya untuk memasang driver pada laptop, terlebih dahulu kamu harus memiliki file installernya. pada tahap ini pengguna tidak perlu mendownload installernya secara khusus, karena akan menggunakan driver default atau yang pernah terpasang sebelumnya, jadi tinggal memanggilnya saja:

  • Tekan kombinasi Keyboard Windows + X > Pilih Device Manager
  • Gulir kebawah sampai menemukan Network Adapater > Selanjutnya klik kanan dan Scan For hardwaware Changes.
  • Driver wifi akan kembali terpasang, restart laptop untuk menyegarkan fungsi dan mengoptimalkan kinerjanya.

Ada kasus dimana driver tidak muncul, itu tandanya benar-benar hilang dari sistem. Maka harus mencari driver network yang sesuai berdasarkan spek laptop yang digunakan.


2. Scan Otomatis dengan Net 3DP Chip

Net 3DP adalah salah satu  paket software yang memuat data installer driver Network untuk beberapa seri perangkat dan vendor. Sistem pada Net 3DP akan mencari driver yang sesuai dengan laptop saat dipasang, selanjutnya pengguna hanya perlu menginstallnya tanpa repot memikirkan kata kunci spek yang sesuai.

  • Kunjungi situs Net 3DP chip untuk mendapatkan aplikasi.
  • Unduh dan pasang Net 3DP Chip pada Laptop.
  • Tunggu proses ekstrak dan scanning, jika sudah klik icon “+” untuk menambahkan drivernya pada laptop.
  • Tunggu proses pemasangannya, dan jika sudah silakan restart laptop untuk mengoptimalkannya.

3DP chip juga dapat digunakan untuk mencari driver network LAN adapter settings, jadi tak hanya wifi. Permasalahan timbul saat beberapa seri pada vendor tidak ditemukan, jika terjadi seperti itu berarti harus mencoba langkah lainnya.


3. Atasi Wifi Laptop Hilang dengan Driverpack

Driverpack adalah software bundle paket driver yang mendukung banyak seri perangkat dari berbagai vendor. Driverpack sering digunakan oleh pengguna ketika selesai melakukan proses instalasi sistem operasi pada perangkatnya.

Sistem akan mencarikan driver yang diperlukan oleh perangkat, misalnya VGA card, Network, Sound, Mouse Pad dan banyak lainnya. Selain pemasangan baru dukungan untuk update versi baru dapat dilakukan.

  • Unduh driver pack versi offline atau bisa menggunakan toolsnya secara online .
  • Jalankan Software driverpack dan mulai lakukan scan pada perangkat.
  • Pasang driver yang direkomendasikan termasuk Network adapter wifi.
  • Restart Laptop untuk menyegarkan fungsional sistemnya.

Serupa dengan Net 3DP, Dukungan terhadap beberapa vendor dan seri perangkat tertentu bisa saja tidak ditemukan. Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan menginstall driver laptop secara mandiri pada seri yang digunakan.


4. Install Driver di website Resmi Vendor

Beberapa Brand Laptop menyedia toolkit seperti driver pada halaman layanan website resmi mereka. Berbagai macam seri yang pernah mereka produksi, misalnya pada brand asus yang dapat ditemukan di layanan download centernya.

  • Kunjungi Situs dari brand laptop yang digunakan
  • Cari driver berdasarkan Versi Laptop yang digunakan.
  • Download driver yang dibutuhkan, yaitu Network Wireless
  • Jangan lupa restart laptop setelah pemasangan selesai.

Driver menjadi media koneksi perangkat keras dengan sistem operasi, jika tidak ada fungsinya tidak dapat dinikmati oleh pengguna, terpasang begitu saja tanpa memberikan manfaat.

Oleh karena, jika menemukan kendala pada hardware yang tidak berfungsi, ada baiknya mencek ketersediaan driver, terpasang atau tidak pada perangkat. Sehingga tidak akan selalu melibatkan jasa service untuk mengatasi masalah tersebut.

Proses mengatasi driver wifi Laptop hilang dapat bekerja juga untuk Komputer yang kehilangan driver LAN adapternya atau penambahan perangkat wifi extender secara khusus, selain mengatasi driver wifi windows 10.


5. Jalankan Network Adapter Troubleshooter

Troubleshooter adalah salah satu fitur Windows 10 yang akan membantu kamu mencari sumber permasalahan dan langsung memperbaikinya. Jika belum tahu, berikut cara memanfaatkan fitur ini.

  • Buka menu Start, lalu temukan Troubleshoot settings.
  • Klik bagian Internet Connections, lalu Run the troubleshooter.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya Troubleshooter akan langsung memberikan solusi usai masalah ditemukan.
  • Periksa kembali ikon WiFi.


6. Update driver WiFi

Tidak jarang, versi driver yang sudah kadaluarsa menyebabkan bentrok dengan sistem Windows 10. Maka dari itu, coba update driver ke versi yang lebih baru! Ini caranya.

  • Buka menu Start, lalu cari Device Manager.
  • Buka bagian Networks adapters, klik kanan pada perangkat WiFi, lalu klik Update driver.
  • Pilih Search automatically for updated driver software dan tunggu hingga selesai.

Seringkali driver dimasukkan ke dalam bundle pembaharuan. Maka dari itu, pastikan juga selalu update Windows 10 ke varian terbaru. Sekian postingan Adapter wifi laptop hilang windows 10 kali ini dan beberapa yang berkaitan dengannya, semoga bermanafaat.

Sumber:

  • Pribadi
  • https://virtualiable.com/wifi-laptop-hilang/
  • https://petunjuk.id/wifi-hilang-windows-10/
Baca Juga:

Blogdet
Blogdet Pecinta informasi teknologi mulai dari internet, android, gadget, laptop, komputer, paket internet dan info anti kudet lainnya

Posting Komentar untuk "Adapter wifi laptop hilang windows 10"